7 Tips Keuangan Buatmu yang Mau Menikah Tanpa Merepotkan Orangtua

dia tak ragu bicara soal masa depan

Menikah adalah hal yang diidamkan tiap pasangan. Menikah di usia muda juga sering menjadi hal yang diimpikan. Namun untuk berani menapaki jenjang selanjutnya, kamu tidak hanya wajibmengantongi restu orangtua. Kamu juga harus siap darisegi materi. Menjadi mandirisetelah menikah dengan membiayai hidup sendiri juga merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Dengan ini, kedewasaan serta kesiapanmu untuk memasuki hidup baru sendiri benar-benar tidak diragukan lagi.

Apakah kamu dan pasangan sudah mapan bekerja dan ingin membiayai hidup setelah menikah secara mandiri? Yuk, simak tips yang akan Hipwee jabarkan buat kamu!

 

1. Sebagaimana anak panah, hidup kalian sebagai pasangan juga harus terarah. Dengan ini, kalian tahuseberapa banyak dan untuk apa kalian mengumpulkan uang.

tetapkan target kalian berdua

tetapkan target kalian berdua via adindhaputri.wordpress.com

Sebelum mulai menabung, tentukan target yang jelas agartujuan tabunganmu menjadi lebih jelas dan terarah.Selain kamu dan pasangan akan tahubagaimana kalian akan menggunakanuang yang kaliansimpan, kalianjuga tentunya akan makin termotivasi untuk menyisihkan uang gaji tiap bulannya.

Semisal saja :

Selama 2 tahun, kalianakan menabung untuk biaya pernikahan

Selama 5 tahun, kalian akan menabung untuk biaya DP KPR rumah beserta cicilan pertamanya

Ps:Kamu bisa memilih bank yang memiliki program KPR dengan sukubunga terendah, agar nantinya kalian tidak perlu berpindah bank dan proses menabung kalian bisadipermudah.

 

 

2. Buat rekening bersama dan sisihkan 30% gaji kalian tiap bulannya. Dalam 1-2 tahun, kalian sudah punya cukup uang untuk menyewa gedungpesta.

gedung pernikahan

gedung pernikahan via affordable-personalized-weddings.com

Setelah membuat target menabung yang jelas, kamu dan pasangan bisa mulai membuat rekening bersama untuk program menabung kalian demi masa depan. Kalian bisa menyisihkan beberapa persen dari pendapatan bulanan kalianuntuk kemudian ditabung di rekening bersama ini. Tidak harus separuh dari gaji kalian kok, kamu dan pasangan bisa menyisihkan 30% dari gajidan 70% sisanya bisa masukke rekening kalian masing-masing.

Misalnya, besaran gaji kalian masing-masing Rp2.500.000

Jumlah total tabungan kalian 30%x2.500.000 x 2 orang= 1. 500.000 / bulan

Dalam 1 tahun :1.500.000 x 12 bulan = Rp18.000.000

Dalam 2 tahun :1.500.000x 24bulan = Rp 36.000.000

 

 

3. Selain itu, kamu dan pasangan bisa juga berinvestasi emas. Dalam jangka waktu 2 tahun, investasi kaliancukup untuk mengontrak sebuah rumah sebagai tempat tinggal sementara.

investasi emas

investasi emas via vibiznews.com

Jikakalian ingin tinggal berdua saja tanpa perlu menumpang di rumah mertua maupun orangtua setelah menikah nanti, siap-siaplah punya tempat tinggalsendiri. Sebelum mampu memiliki uang sendiri untuk membeli rumah, kalian bisa menyiasatinya dengan caramengontrak rumah. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah selain dengan cara menabung.Karena harga emas cenderung stabil, kalian bisa mulai berinvestasi emas demi masa depan. Kalianbisa membeli emas sedikit demi sedikit setiap bulannya. Investasi kecil-kecilan ini akan sangat berguna sebagai modal untuktempat tinggal masa depan kalian kelak.

Rincian:

Kamu dan pasangan bisa membeli emas 2 gram per bulannya. Dalam 2 tahun, emas yang kamu punya sudah berjumlah 48gram.

48gram x Rp 500.000 = Rp24.000.000

Ps : Kamu bisa membeli emas di situs penjual emas terpercaya dan pastikan kamu menjual emasmu kembalisetelah 2-3 tahun (pada jangka menengah)

 

 

4. Asuransikan kesehatanmu mulai sekarang. Dalam 5 tahun, uangnya bisa kamu ambil kembali untuk menutupi KPR.

KPR

KPR via vibiznews.com

Kesehatan mahal harganya. Kamudan pasanganwajib memiliki asuransi kesehatan. Tidak hanya kesehatan kalian saja yang terjamin, asuransi kesehatan ini juga bisa dijadikan ajang berinvestasi demi KPR pada 5 tahun mendatang. Kamu bisa mengambil program asuransi kesehatan dengan dana nominal menengah yang juga sudah menutupibiayakesehatanmu saat kamu jatuh sakit.

Dalam beberapa tahun,uang yang kamu alokasikan untuk biaya asuransi kesehatan bisa diambil kembali dan dipergunakan sebagai uang muka untuk KPR.

Rincian:

Rp500.000 x 12 bulan =Rp6.000.000 (setahun) x 5 tahun= Rp30.000.000 x 2 orang = Rp 60.000.000

 

 

5. Kencangkan ikat pinggang; hematlah dalamkencan. Lebih baik alokasikan uang untukbiaya foto prewedding, cetak undangan, dan cenderamata pernikahan.

dia tak ragu bicara soal masa depan
sumber
Categories: Informasi Umum | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: