Kue Lucu Warna-Warni, Pakai Saja Bahan Pewarna Alami Untuk Makanan

Blog_Kue Lucu Warna-Warni, Pakai Saja Bahan Pewarna Alami Untuk Makanan_825x355px

Kamu punya hobi memasak atau membuat kue nggak? Pasti rasanya menyenangkan kan bisa membuat berbagai macam masakan dan makanan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga, terlebih kalau kamu menjadikan hobi kamu sebagai sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Ketika kita membuat makanan, pastinya kita ingin memberikan nilai gizi pada makanan tersebut kan Saayy..? Tapi sekarang ini banyak sekali bahan makanan yang terbuat dari zat-zat kimia berbahaya yang bisa merusak organ tubuh. Kalau nggak hati-hati memilih bahan makanan, kita bisa berisiko terkena penyakit mematikan. Serem banget kan?

Kalau kita suka bikin kue, salah satu bahan yang nggak boleh ketinggalan adalah pewarna makanan. Dengan pewarna ini, tampilan kue menjadi lebih menarik dan orang-orang jadi lebih suka untuk memakannya. Tapi, yang sering kita jumpai adalah jenis pewarna makanan buatan yang ternyata nggak baik lho untuk tubuh. Biasanya terkandung aluminium, barium, ataupun zirconium di dalam bahan pewarna buatan yang bisa menyebabkan gangguan autis. Itulah mengapa kita harus bijak dalam memilih bahan makanan, dalam hal ini adalah bahan pewarna makanan.

Yang alami tentunya lebih bagus daripada yang buatan dong, Toppers. Ada lho bahan pewarna makanan alami yang bisa kamu coba untuk membuat kue atau makanan lainnya. Selain aman, bahan ini juga bisa menambah kandungan gizi pada makanan buatanmu. Yuk kita lihat bahan apa saja sih yang dapat memberi warna pada makanan?

Merah atau Pink

Warna merah mungkin adalah warna yang paling banyak digunakan karena menarik untuk dijadikan warna makanan. Untuk mendapatkan warna ini, kamu bisa memakai bahan seperti jus cranberry, raspberry atau strawberry yang dihaluskan, dan cabai atau paprika merah yang dikeringkan. Selain memberi warna merah, jenis buah-buahan merah tersebut juga memberi aroma buah yang segar pada kue buatanmu. Sedangkan jika kamu ingin memberi warna pink, kurangi saja jumlah penambahan bahan pewarna alami pada adonan makananmu sehingga menciptakan warna merah muda yang lucu.

raspberry

Sumber: healthycompare.com

Hijau

Mungkin kamu sudah familiar dengan warna hijau alami untuk makanan. Biasanya kita menggunakan daun pandan agar makanan berubah menjadi hijau dan mendapatkan aroma wangi dari daun pandan. Tapi tahukah kamu bahan lain yang bisa membuat makanan jadi berwarna hijau? Kamu bisa coba bayam dan bubuk teh hijau (matcha) untuk mengubah tampilan makanan buatanmu menjadi hijau indah.

bayam

Sumber: articleactive.com

Orange dan Kuning

Warna orange bisa kamu dapatkan dari wortel. Karena pada dasarnya wortel nggak mempunyai rasa yang terlalu manis, maka jangan khawatir kalau wortel bisa mengubah rasa makanan buatan kamu. Selain itu, untuk warna kuning pastinya kamu juga sudah tahu kalau kunyit bisa mengubah makanan menjadi warna kuning. Disamping kunyit, ada saffron yang bisa kamu tambahkan pada masakan atau makanan. Namun pastikan kamu hanya menambahkan secukupnya saja karena kalau terlalu banyak, rasa masakan kamu bisa saja berubah.

wortel

Sumber: eatbelieve.com

saffron

Sumber: entheology.com

Biru atau Ungu

Buah-buahan yang dapat memberi warna biru dan ungu serta menambah aroma buah-buahan berry adalah blueberry dan blackberry. Dua buah ini kamu keringkan lalu hancurkan hingga menjadi pasta atau bubur. Peras pasta tersebut hingga mengeluarkan ekstrak warna yang bisa langsung kamu masukkan pada adonan kue. Bisa pula dari jus anggur agar makanan kamu berwarna violet yang lucu.

Blueberry

Sumber: fanpop.com

Cokelat Gelap

Kamu mau buat masakan dengan saus berwarna cokelat pekat? Bisa banget lho Toppers. Sangrai kayu manis, cengkeh, dan pala hitam selama 5-6 menit. Setelah itu, tumbuk ketiga bahan tersebut dan tambahkan pada saus maupun kuah masakan kamu. Mau buat permen sendiri di rumah? Panaskan dan lelehkan beberapa sendok gula, jus buah bit, dan susu lalu biarkan adonan tersebut mengeras dan berubah menjadi warna cokelat gelap menggoda.

kayu manis dan cengkeh

Sumber: littledarlingschildcare.com

Asik banget kan kamu bisa menambahkan pewarna alami pada masakan dan makanan kamu? Kamu bisa lho memakai bahan pewarna makanan alami tersebut untuk membuat kue kering yang pastinya akan menjadi lebih menarik. Selamat mencobanya ya Toppers.

Sumber: Disini

Categories: Kue | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: