Temukan 6 Teknik untuk Mendekorasi Dinding Kamar Tidur Utama Disini !

Alpha Media

Kamar tidur utama atau yang kerap disebut sebagai master bedroom merupakan salah satu ruangan yang bersifat vital di tiap rumah. Selain furniturnya itu sendiri, terdapat banyak elemen lain yang berkontribusi untuk membuat kamar tidur utama menjadi menarik dan dekorasi dinding adalah salah satunya. Terdapat berbagai macam dekorasi dinding yang dapat Anda pilih dan semuanya dapat merefleksikan kepribadian Anda sebagai pemilik kamar tidur tersebut. Namun, kepribadian dari dekorasi yang Anda pilih untuk kamar tidur sebaiknya bersifat menenangkan sehingga tidak menyimpang dari kegunaan utama kamar tersebut, yakni untuk tidur maupun beristirahat. Artikel ini memberikan sejumlah inspirasi bagi Anda untuk memilih dekorasi dinding kamar tidur yang paling tepat!

Wallpaper

Wallpaper biasanya digunakan sebagai alternatif dari cat. Dengan adanya beragam warna maupun motif, wallpaper yang tepat dapat meningkatkan keindahan kamar tidur Anda. Terdapat wallpaper yang menutup seluruh dinding, dan ada juga yang hanya bersifat sebagai penghias. Wallpaper yang berguna untuk menutup seluruh dinding biasanya memiliki motif dan warna yang seragam, dan wallpaper penghias biasanya memiliki bentuk yang berbeda-beda, seperti binatang, bangunan terkenal, hingga bentuk tanaman atau bunga. Kelebihan dari wallpaper adalah kemudahannya untuk dilepas. sehingga Anda tidak perlu khawatir jika wallpaper Anda akan terlihat kuno atau outdated.

Kamar tidur dengan wallpaper berwarna soft yang tidak diaplikasikan secara penuh. Wallpaper tersebut dikelilingi oleh bingkai yang melengkapi warna dasar dinding.

Alpha Media

Tips: Jika Anda tidak menginginkan dinding yang terkesan terlalu ramai, hindari mengaplikasikan wallpaper pada seluruh sisinya. Gunakan wallpaper hanya pada satu sisi dinding untuk membuat tampilan yang unik bagi kamar tidur Anda. Hal ini disebut juga sebagai accent wall. Selain itu, accent wall juga memberikan efek dan kesan yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat mencari mana yang paling sesuai.

Karya Seni

Terdapat berbagai macam karya seni untuk dipilih sebagai dekorasi dinding, yaitu karya seni yang bergaya tradisional, modern, hingga abstrak. Anda bisa memilih antara ketiga jenis karya seni yang memiliki gaya yang berbeda pula. Untuk karya seni tradisional, Anda dapat memilih yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya, karya seni ini menggambarkan seni budaya dan Anda dapat melestarikannya dengan memajang hiasan dinding tradisional ini. Jika Anda lebih menyukai karya seni modern dan/atau abstrak, maka pilihlah gaya tersebut. Namun, pastikan dekorasi Anda sesuai dengan tema kamar untuk memberikan keselarasan dan seluruh aspek kamar tidur Anda menjadi terhubung antar satu sama lain.

Tips: Hindari penggunaan karya seni yang menggambarkan air atau simbol air. Mengapa? Karena sesuai dengan ajaran Feng Shui, penggunaan elemen air di kamar tidur akan memberikan dampak buruk.

Decorative Painting

Seni mengecat dekoratif (decorative painting) juga merupakan salah satu pilihan dengan berbagai macam teknik. Disebut juga sebagai faux painting, cat dekoratif ini dapat menjadi pilihan jika Anda tidak menginginkan dekorasi yang terlalu ramai atau hanya ingin menggunakan cat dinding sebagai dekorasi utama. Untuk mengaplikasikan cat dekoratif ini, Anda dapat menggunakan jasa dari para profesional ataupun melakukannya sendiri. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan bantuan profesional untuk menghindari kesalahan yang bersifat fatal. Dibawah ini merupakan teknik-teknik cat dekoratif yang dapat Anda pilih untuk kamar tidur Anda.

#1 Stenciling

Alpha Media

Teknik ini merupakan teknik yang tergolong sederhana dan dapat diaplikasikan pada kamar tidur untuk memberikan sentuhan modern. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk seluruh sisi dinding kamar tidur Anda, ataupun hanya sebagian kecilnya saja. Hal yang menjadi keunggulan teknik ini adalah adanya kebebasan untuk memilih bentuk yang diinginkan (biasanya, bentuk daun adalah bentuk yang paling umum untuk digunakan pada teknik ini).

#2 Garis-garis

Jika Anda ingin kamar tidur Anda terlihat lebih menyegarkan, cobalah motif garis-garis ini. Baik garis horizontal maupun vertikal, teknik pengecatan ini merupakan teknik yang populer. Anda bisa menggabungkan warna yang senada ataupun warna yang saling melengkapi (complementary).

#3 Sponging

Alpha Media

Teknik ini menggunakan roller dari busa (sponge) untuk menimbulkan tekstur yang unik. Biasanya, warna cat yang digunakan untuk sponging berbeda dengan warna cat dasar. Teknik ini bersifat fleksibel karena bisa diaplikasikan kedalam gaya kamar seperti tradisional, modern, hingga eklektik.

#4 Kotak-kotak

Cat dekoratif yang berbentuk kotak-kotak merupakan penghias yang tepat untuk kamar dengan gaya modern atau kontemporer. Serupa dengan bentuk garis-garis, bentuk ini juga terdiri dari dua warna yang serupa ataupun saling melengkapi. Selain itu, Anda dapat memilih jika Anda menginginkan kotak yang berukuran kecil ataupun besar.

#5 Color washing

Jika Anda menginginkan cat dekoratif yang bersifat lembut, pilihlah teknik ini. Dengan adanya penggunaan cat glaze, warna cat dinding Anda akan terlihat pudar dan memberikan efek ‘luntur’. Teknik ini bagus untuk memberikan efek yang terlihat unik dengan sentuhan mewah.

Mural Painting

Jika dibandingkan dengan cat dekoratif, seni mural merupakan gaya dekorasi kamar tidur yang paling rumit. Namun, seni mural ini memberikan keindahan yang paling unik dan berbeda untuk kamar tidur Anda. Mengingat tingkat kesulitannya yang relatif tinggi, sebaiknya Anda meminta bantuan dari profesional untuk mengaplikasikan dekorasi yang satu ini. Dibawah ini merupakan contoh-contoh mural painting yang diaplikasikan ke kamar tidur.

Alpha Media

Alpha Media

Hiasan Kayu

Hiasan kayu dapat berguna jika Anda menginginkan tekstur dinding yang berbeda di kamar Anda. Hiasan kayu juga memberikan kesan rumah pedesaan ataupun rustic. Jika Anda tidak menginginkan dekorasi kayu yang berlebihan atau yang terlalu tebal, Anda dapat memilih kayu yang lebih tipis. Selain itu, Anda dapat menggunakan warna lain untuk kayu Anda jika warna coklat dirasa terlalu membosankan ataupun tidak cocok dengan suasana ruangan.

Wall art yang terdiri dari susunan kayu yang menonjolkan titik utama (focal point) dari kamar tidur

Alpha Media

Elemen kayu berwarna yang digunakan dalam kamar ini tidak terlalu banyak, namun tetap menjadi dekorasi yang indah. Selain itu, kesan pedesaan yang kental pun menjadi pelengkap dari kamar tidur ini

Alpha Media

Tips: Anda dapat menggunakan hiasan kayu untuk mempertegas titik utama (focal point) dari kamar tidur Anda.

Decorative Lighting

Siapa bilang dekorasi dinding harus selalu berkaitan dengan cat, wallpaper, ataupun karya seni? Lampu juga dapat dijadikan sebagai dekorasi utama dari kamar tidur Anda. Sekarang telah terdapat berbagai lampu LED yang terdiri dari warna dan gaya pencahayaan yang berbeda, sehingga Anda bisa mengatur lampu yang sesuai dengan gaya ataupun suasana kamar tidur Anda. Anda dapat memilih lampu yang terang, redup, dengan bohlam yang sedikit maupun yang banyak.

Tips: Hindari menggunakan jenis pencahayaan yang bersifat menyorot (task) untuk kamar tidur Anda. Bacalah artikel mengenai jenis pencahayaan untuk tahu lebih lanjut tentang pencahayaan yang tepat untuk kamar tidur dan juga rumah Anda.

Sumber : Balkonie

Categories: Dekorasi Kamar Tidur | Tags: , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: