Belajar Programming Mulai Dari Mana?

Saya yakin bagi Anda, pemula yang ingin terjun ke dalam dunia programming selalu kebingungan perihal bagaimana memulai belajar bahasa pemrogaman. Dan bingung memilih platform/lingkungan yang akan dipakai ketika akan mulai belajar programming.

Maksudnya Bagaimana Memilih Platform/Lingkungan Programming?

Biasanya ketika Anda akan memulai programming itu karena ketertarikan akan membuat suatu aplikasi, entah itu berjalan di web (berbasis web), entah itu akan berjalan di desktop (berbasis desktop), atau mungkin Anda menginginkan aplikasi yang akan Anda buat itu berjalan di mobile seperti Android, IPhone, ataupun blackberry (berbasis mobile), atau mungkin sedikit agak extreme yakni berjalan di lingkungan hitam putih, untuk maintenance server ataupun jaringan, biasanya berbasis linux console.

Namun kurang lebih ada 3- jenis platform / lingkungan yang digemari para programmer, dan menjadi popular di kalangan para programmer. Apa sajakah itu?

  • Mobile Based
  • Web Based
  • Desktop Based

Dan Anda harus memilih fokus Anda akan kemana dulu, mana yang paling Anda senangi? Mau bikin aplikasi berbasis website kah? Atau mau buat aplikasi yang berjalan di Windows kah? Atau ingin membuat aplikasi yang berjalan di handphone Android milik Anda? Silahkan tentukan.

JIka sudah maka tugas Anda selanjutnya adalah mencari bahasa pemrogaman apa saja yang mendukung Anda dalam mempelajari pembuatan aplikasi berbasis platform tersebut. Misalkan jika Anda sudah hobi dan sudah menginginkan sekali belajar programming untuk mobile semisal android, blackberry maupun iphone, maka yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu adalah Java, Objective C, dan C++. Meskipun saat ini sudah ada phonegapp, Anda cukup belajar bahasa HTML CSS dan Javascript saja. Tapi untuk menjadikan Anda lebih mahir dan menghilangkan semua keterbatasan yang ada dalam phonegap tadi maka Anda pun harus fokus mempelajari satu atau mungkin lebih (pilihan ANda) yakni yang sudah saya sebutkan tadi yakni Java, Objective C, ataupun C++.

Begitu juga dengan web based programming. Ketika Anda menginginkan untuk menjadi The Another Mark Zuckerberg atau the another Sergey or Larry Page. Maka Anda pun harus mempelajari bahasa-bahasa seperti php, ruby, asp, python,SQL,JavaScript. Anda bisa memilihnya ataupun mempelajari kesemuanya. Bagaimana asik kan?

Lalu ketika Anda akan membuat aplikasi berbasis desktop pun  visual basic, delphi, dot net, c, c++, c#, Java bisa Anda pelajari.

Apakah saya bisa memulai langsung?

Bisa iya, bisa tidak, bergantung kepada logika yang Anda miliki. Pemahaman Anda kuat atau tidak? Apakah Anda orang yang mengedepankan logika, atau hafalan semata? Untuk belajar programming bukan hafalan yang diutamakan, karena seiring berjalan sering latihan maka dengan sendirinya itu hafal sendiri. Yang sangat diperlukan adalah logika yang kuat. Bagaimana melatih logika agar menjadi kuat? Yang perlu Anda pelajari sebelum memulai belajar programming adalah mempelajari algoritma terlebih dahulu, memang susah di awal, tapi tidak masalah, Anda mengenal sedikit saja dari algoritma, pelajari sedikit saja, setidaknya Anda sudah memiliki sedikit basic dalam belajar programming. Karena pemula yang saya temui kesulitan programming itu karena belum mengenal algoritmanya. Bahasa pemrogaman itu berbeda dengan bahasa manusia sehari-hari, dan algoritmanya itu yang bisa menjembatani, membantu ANda menerjemahkan dari bahasa manusia ke dalam bahasa pemrogaman seperti bahasa c misalnya.

Kiat-kiat belajar programming?

Belajar programming itu seperti membawa Anda ke dunia waktu TK dulu, belajar membaca dan menulis, dan itu kembali dilakukan ketika Anda akan masuk ke dalam dunia programming yang lebih advanced (mahir). Jadi kiat-kiatnya adalah jangan bosan untuk terus latihan baca dan tulis kode. Kemudian yang selanjutnya adalah pantang menyerah. Karena Anda harus mengorbankan banyak waktu ketika belajar bahasa pemrogaman. Lalu bagaimana agar pantang menyerah? Anda harus memiliki visi dan misi yang kuat, mengapa Anda belajar programming? Apa kontribusi Anda (kontribusi=sumbangsih kepada masyarakat banyak) ketika sudah menguasai dunia programming? Itu yang harus Anda jawab, sehingga saya jamin Anda tidak akan lagi bosan dalam belajar programming.

Silahkan belajar di kode.ilmuwebsite.com. Karena di ilmuwebsite.com kita tidak hanya belajar programming saja, namun juga bagaimana seorang programmer itu bisa mandiri dan menjadi seorang wiraswasta / enterpreneuer. Mengapa harus menjadi wirausaha? Kita akan kupas tuntas di pertemuan berikutnya ya.🙂. Dan di kode.ilmuwebsite.com kedepannya akan membahas belajar bahasa programming untuk 3 platform yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

Salam, selamat belajar programming.

Categories: Software | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: