Komputer dan Seni (Manfaat Komputer dalam Bidang Seni)

Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusi untuk melakukan pekerjaannya. Sering perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni.
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:

  1. Seni Gambar : Yang terdiri dari lukis, fotografi,grafik, desain arsitektur dan lain-lain.
  2. Seni music.
  3. Seni film.
  4. Seni pertunjukan dan lain-lain.

Berikut ini akan kita coba sedikit jelaskan penggunaan atau pemanfaatan komputer di bidang seni.

A. FILM (VIDEO).
Dengan adanya komputer saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin canggih serta tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi komputer dalam pembuatan video dapat ditambaha atau edit dengan plugin-plugin yang ad untuk menghasilkan efek atau pencitraan yang lebih maksimal.

Berikut ini software yang biasa dipergunakan untuk mengedit video.
Adobe Premiere Pro 1.5, Software ini merupakan software utama, dimana semua potongan- potongan video disatukan disini.

  1. Ulead Video Studio 9, untuk membuat animasi,biasanya yang saya pergunakan adalah efek animasi album. Kemudian hasilnya diekspor ke format avi dan disatukan di Premiere. Saat ini sudah ada Ulead Video Studio yang versi 10.
  2. Pinnacle Hollywood FX 4.6, Plugin efek-efek Pinnacle untuk Adobe Premiere. Agak monoton dan jadul memang efek-efek nya,tapi kalau digabung dengan efek-efek lain bisa didapat hasil yang lumayan
  3. Burger Plug In, Plug in efek2 transisi yng cukup menarik untuk Adobe Premiere. Biasanya yang saya pergunakan adalah efek seperti blitz kamera untuk seolah2 mengambil foto.
  4. TMPGEnc, Software untuk membuat mpg dengan hasil yg lebih bagus daripada langsung dari Adobe Premiere.
  5. Frame Server, sebuah software untuk bisa merender langsung dari Adobe Premiere ke TMPG Enc tanpa harus merender dahulu menjadi avi.
  6. Xara 3D dan Bluff Titler, untuk membuat animasi title.

Dengan software – software tersebut saya rasa cukup untuk mengedit video. Tinggal dituntut kesabaran dan kreatifitas dalam menyusun potongan2 video sehingga menjadi sebuah karya yang bagus.
Berikut adalah contoh tampilan dari software untuk editing video:

Ulead Video Studio

Adobe Premiere Pro

A. PHOTOGRAFI
Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut datang cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena dalam program tersebut disediakan banyak plugin yang menunjang.
Berikut adalah contoh software untuk editing FOTO

Adobe Photoshop

 

ACDsee Pro

1. DESIGN GRAFIS.
Dalam penggunaannya di dalam proses perancangan grafis, komputer yang berbasiskan teknologi digital menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, keleluasaan dalam menghasilkan suatu gagasan-gagasan visual. Komputer telah menciptakan suatu ruang bermain dan berkreasi bagi para perancang seluas-luasnya, banyak hal-hal barn yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan teknik manual, saat ini menjadi suatu kenyataan bahkan suatu yang tidak terfikirkan sebelumnya. Komputer grafis telah banyak memberikan pengaruh tidak saja terhadap tampilan karya produk cetakan tetapi juga pada proses produksi dan proses kreasi bagi perancang grafis.

Bagaimana perancang memanfaatkan berbagai fasilitas tersebut dalam menghasilkan suatu penciptaan karya produk cetakan, yang memiliki tujuan utama yaitu sebagai media penyampai informasi kepada khalayak sasarannya. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan dengan penggunaan komputer sebagai alat bantu perancangan menjadi titik tolak dalam penelitian ini. Diawali dengan pendahuluan yang menguraikan berbagai tahapan berfikir ilmiah untuk memperoleh suatu gambaran yang jelas dan lengkap terhadap obyek yang akan diteliti, melalui suatu kegiatan penelitian yang bersifat dekriptif-kualitatif

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.

Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Berikut adalah beberapa software yang dapat digunakan untuk gesaun grafis:

Desktop publishing

  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Adobe Indesign
  • Page Maker
  • Coreldraw
  • GIMP
  • Inkscape
  • Adobe Freehand
  • Adobe image ready
  • CorelDraw

Webdesign

  • Macromedia Dreamweaver
  • Microsoft Frontpage
  • Notepad
  • Adobe Photoshop

Audiovisual

  • Adobe After Effect
  • Adobe Premier
  • Final Cut
  • Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash

Rendering 3 Dimensi

  • 3D StudioMax
  • Maya
  • AutoCad
  • Google SketchUp
  • Blender

1. MUSIK
Dahulu untuk memainkan music atau merekam music harus menggunakan alat dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam proses pembutannya sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live,dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising. Saat ini dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau music dengan mudah dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan system komputer atau digital.

Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman dahulu tidak bias dilakukan denga alat, harus disetting manual.

Ada dua kategori software yang digunakan untuk menunjang music yaitu:

  1. Software music player.
  2. Software music recording(maker).

Berikut ini adalah beberapa software music player yaitu:

  • Winamp
  • Gom player
  • Windows media player
  • JetAudio, dll.

Berikut ini adalah beberapa software music maker:

  • Steinberg Nuendo
  • Protools.
  • Sonar.
  • Adobe Audition.
  • Cubase SX.

Dan berikut adalah contoh tampilannya:

Jadi dengan menggunakan teknologi komputer kita dapat melakukan perekaman dan pengeditan dengan mudah dengan bantuan plugin-plugin serta VSTi yang ada. Agar menghasilkan kualitas suara yang maksimal…
Selain membantu perkembangan seni, teknologi komputer juga memiliki segi negative untuk seni yaitu:

  • Maraknya pembajakan.
  • Maraknya pencurian hak cipta.
  • Mengurangi kreatifitas alami.
  • Maraknya peredaran film yang menyimpang.
  • Dan lain-lain.

Jadi dengan adanya teknologi komputer kita dapat meningkatkan kualitas kita dalam berseni di segala bidang seni, tapi tetap saja yang terpenting dalam seni adalah seni itu sediri dan tastenya….

 

  1. Aplikasi Komputer dalam bidang seni

Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni.

Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain :

  1. Seni Gambar.
  2. Seni Musik.
  3. Seni Film.
  4. Seni Pertunjukan dan lain-lain.
  1. Aplikasi Pengolah Citra.

Definisi Citra (image) = gambar pada bidang 2 dimensi. Citra (ditinjau dari sudut pandang matematis) = fungsi yang kontinu dari intensitas cahaya pada bidang 2 dimensi. Pengertian Pengolahan Citra = memproses suatu citra sehingga menghasilkan citra yang sesuai dengan keinginan kita atau kualitasnya menjadi lebih baik.

Corel Painter

Program pencitraan sekarang tersedia baik di Windows dan Macintosh. Desainer dapat menggunakan program untuk membuat gambar yang terlihat alami dengan fitur freehand nya. Pengguna juga dapat memilih beberapa efek seperti cat minyak dan cat air dan mencetak output dalam kanvas atau kertas.

Corel Paint Shop Pro Photo

Ini merupakan program pencitraan untuk mengedit bitmap grafis dan vektor mengedit grafis. Hak untuk program awalnya dimiliki oleh Jasc Software Minneapolis. Hak untuk mendistribusikan program ini sekarang milik Corel Corporation setelah dibeli Jasc Software pada tahun 2004. Program, yang lebih dikenal sebagai Paint Shop dan sebagai pesaing Adobe Photoshop, dapat didownload sebagai shareware. Adobe Photoshop lebih populer dari program pencitraan karena pertama memiliki versi untuk Microsoft dan Apple Macintosh.

Adobe Photoshop.

Program pencitraan dikembangkan oleh Adobe Systems dan dianggap sebagai favorit pasar dalam hal mengedit gambar, manipulasi gambar dan gambar bitmap. Versi terbaru Adobe Photoshop CS3 Extended yang dirilis hanya tahun ini. Ini adalah versi ketiga sejak Adobe Photoshop berganti nama produk. Ia menawarkan alat-alat baru, filter non-destruktif, 3D dan pencitraan ilmiah.

Corel Photo-Paint.

Program pencitraan dibundel dengan Corel Draw Graphics Suite. Hal ini dapat membuat grafik dan memanipulasi gambar. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk menghilangkan mata merah dalam foto. Program ini dapat didownload dari situs Corel sebagai freeware.

Microsoft Paint

Program pencitraan yang digunakan dikenal sebagai Kuas untuk Windows dan dapat ditemukan dibundel dengan Microsoft Windows. Pengguna dapat melakukan percobaan dengan campuran warna program ini memungkinkan bersamaan mengambil tiga warna. Ada banyak fungsi dimana pengguna dapat berlatih untuk meningkatkan keahliannya.

Aplikasi Pencitraan di berbagai Bidang :

  1. Bidang Perdagangan.
  2. Pembacaan barcode
  3. Pengenalan huruf/angka pada suatu formulir secara otomatis
  4. Bidang Militer.
  5. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual
  6. Mengidentifikasi jenis pesawat musuh
  7. Bidang Kedokteran
  8. Mammografi
  9. Rekontruksi foto janin hasil USG
  10. Bidang Biologi
  11. Pengenalan jenis kromosom melalui citra mikroskopik
  12. Komunikasi Data
  13. Kompresi citra yang akan ditransmisikan
  1. Komputer Audio dan Musik.

Dahulu untuk memainkan musik atau merekam musik harus menggunakan alat dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam proses pembuatannya sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live, dan tidak adanya noise reductionuntuk menghilangkan suara bising. Saat ini dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau musik dengan mudah dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan sistem komputer atau digital.

Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise reductionstreo reverbs dan lain-lain yang pada jaman dahulu tidak biasa dilakukan denga alat, harus disetting manual.

Ada dua kategori software yang digunakan untuk menunjang musik, yaitu:

  1. a) Software Music Player.
  2. b) Software Music Recording (Maker).

Berikut ini adalah beberapa software music player, yaitu:

  • Winamp.
  • Gom Player.
  • Windows Media Player.
  • JetAudio

Berikut ini adalah beberapa software music maker, yaitu:

  • Steinberg Nuendo.
  • Protools.
  • Sonar.
  • Adobe Audition.
  • Cubase SX
  1. Multimedia dan Internet.

Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara individual. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profile perusahaan, profile produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam system e-learning.

Elemen-elemen dalam multimedia :

Berikut sekilas mengenai seni yang berhubungan dengan multimedia :

  1. Teks

        Teks adalah salah satu elemen dari multimedia yang sangat membantu dalam memperjelas informasi untuk konsumen. Pada teks ini terdapat berbagai macam karakter yang disediakan dan pemakaianya tergantung dari iklan atau tema yang diangkat

  1. Gambar
  2. a) Fotografi

Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bisa merubah pencahayaan, sudut datang cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena dalam program tersebut disediakan banyak plugin yang menunjang.

  1. b) Disain Grafis

Dalam penggunaannya di dalam proses perancangan grafis, komputer yang berbasiskan teknologi digital menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, keleluasaan dalam menghasilkan suatu gagasan-gagasan visual. Komputer telah menciptakan suatu ruang bermain dan berkreasi bagi para perancang seluas-luasnya, banyak hal-hal baru yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan teknik manual, saat ini menjadi suatu kenyataan bahkan suatu yang tidak terpikirkan sebelumnya. Komputer grafis telah banyak memberikan pengaruh, tidak hanya terhadap tampilan karya produk cetakan tetapi juga pada proses produksi dan proses kreasi bagi perancang grafis.

Berikut adalah beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk disain grafis:

  1. Design Grafis            
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Adobe Indesign
  • Page Maker
  • Coreldraw
  • GIMP
  • Inkscape
  • Adobe Freehand
  • Adobe image ready
  • CorelDraw
  1.     Audio

Suara adalah suatu media unik bila dibandingkan dengan media lain yang menjadi elemen multimedia. Bila bekerja dengan menggunakan suara dalam multimedia, sudah pasti akan ditemui suara yang diubah dalam bentuk digital. Adanya penggunaan suara dalam aplikasi multimedia akan menambah daya tarik bagi user karena informasi yang ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan menyenangkan

  1.     Animasi

Animasi merupakan kumpulan gambar yang memiliki alur cerita gambar yang berbeda-beda untuk setiap frame-nya yang ditampilkan secara bergantian sehingga akan terlihat bergerak. Animasi dibuat khusus untuk mendukung konsep ilustrasi yang mengharuskan adegan gambar yang bergerak. Proses animasi adalah menampilkan gambar demi gambar dalam satuan waktu,

  1. Webdesign
  • Macromedia Dreamweaver
  • Microsoft Frontpage
  • Notepad
  • Adobe Photoshop
  1. Audiovisual
  • Adobe After Effect
  • Adobe Premier
  • Final Cut
  • Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
  1. Rendering 3 Dimensi         
  • 3D StudioMax
  • Maya
  • AutoCad
  • Google SketchUp
  • Blender
  1.    Video

Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas

Internet.

Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Ø  Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Ø  Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.

Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Ø  Tata tertib Internet

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

Ø  Akses Internet

Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “jebakan” agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

Ø  Bagian-bagian dari Internet :

  1. Gateway : Adalah sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk menghubungkan suatu komputer dengan jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer yang lain dari protokol yang berbeda.
  2. WWW (World Wide Web) : Sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi berbagai informasi, baik tulisan, gambar, suara, video dan informasi multimedia yang dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
  3. Protokol : Adalah suatu aturan yang digunakan untuk mengatur jalannya komunikasi data antara beberapa komputer yang berada disuatu jaringan.
  4. URL (Uniform Resouce Locator) : Adalah rangkaian karakter yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar diinternet.
  5. Homepage : Halaman muka dari sebuah situs web
  6. TCP/IP : Singkatan dari Transmission Control Protokol/Internet Protokol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu computer ke computer lain dalam jaringan Internet.
  1. ISYU DAN MASALAH :

Di jaman yang serba modern ini berbagai teknologi mengalami perkembangan yang semakit pesat, terutama dalam bidang seni, yaitu dalam bidang perfilman, musik, fotografi baik itu design grafis. Pada jaman dulu sebelum diterapkan komputer dalam bidang seni,banyak masalah yang muncul, contoh sederhananya saja bila kita mencetak foto digital kita menggunakan komputer, dulu mungkin kita hanya bisa menggambar lewat kertas, selain itu hasil foto yang tercetak tidak dapat kita edit, baik dalam pencahayaannya, atau tampilan yang dihasilkan kurang menarik sehingga hasil yang diinginkan kurang maksimal.

Untuk mendokumentasikan peristiwa yang penting kita bisa mendokumentasikanya, kita lihat pada jaman dulu banyak peristiwa penting seperti perang dunia,perang salib, bencana besar yang terjadi hanya bisa kita baca dari buku,karena tidak adanya alat untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut. Dahulu perfilm hanya menampilan film film yang bermutu atau film film yang mampu mendidik para generasi muda, namun saat ini banyak film yang tidak baik dan tidak mendidik para generasi muda saat ini. Banyak pula kasus pembajakan dalam pembuatan atau perekaman suatu film yang saat ini masih banyak terjadi khususnya di Indonesia.

Dahulu untuk memainkan musik atau merekam musik harus menggunakan alat dengan piring hitam atau pita sebagai media pemutaran dan perekaman, sehingga jarang terjadi kasus pembajakan yang marak terjadi terhadap musik dan dalam proses pembuatannya menggunakan pita sangatlah boros dan menghasilkan suara yang live dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising.

Di bidang desain grafis, sebelum adanya software yang dapat mempermudah penggunanya, biasanya mereka mendesainya secara manual, yaitu goresan tangan. Dan jika terjadi kesalahan pada gambar maka mereka harus mengulangnya dari awal, sehingga menghabiskan waktu serta tenaga.

Apakah Masalah yang sebelumnya ada menjadi tuntas?

Menurut kelompok kami, Masalah yang di hadapi dapat teratasi, contohnya :

  • Di bidang Photografi, yakni dengan menggunakan software komputer kita dapatmengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru kedalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan lebih indah.
  • Di bidang musik, yakin dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih.
  • Di bidang film, yakni dengan software-software tersebut kami rasa cukup untuk mengedit video. tinggal dituntut kesabaran dan kreatifitas dalam menyusun potongan-potongan video sehingga menjadi sebuah karya yang bagus.
  • Untuk penyelesaian masalah pembajakan baik itu film, music atau lainnya yaitu : Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan permasalah yang terjadi mengenai pembajakan ini. Seharusnya jika kedapatan sekelompok atau perorangan yang melakukan pembajakan harus di tidak lanjuti atau di beri sanksi atau hukuman. Karena tidak hanya merugikan pihak lain tetapi juga merugikan pembuat film, music atau seni lainnya.

Penggunaan Komputer dalam Seni pasti selalu ada sisi positif dan sisi negatifnya, yaitu :

Dampak Positif :

  1. a) Memudahkan user dalam menciptakan sebuah karya seni yang berkualitas.
  2. b) Pekerjaaan dapat dikerjakan lebih mudah dan praktis.
  3. c) Waktu yang digunakan lebih cepat (Efisien waktu)

¨ ¨

Dampak Negatif :

  1. a) Maraknya Pembajakan.
  2. b) Maraknya Pencurian Hak Cipta.
  3. c) Mengurangi Kreatifitas Alami.
  4. d) Maraknya Peredaran film yang menyimpang

SUMBER : Sumber1, Sumber2

Categories: Etika Profesi (KoMas) | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: