Berawal dari Hobi, Pemuda Ini Untung Besar dari Mashable

Hampir Semua Pecinta Teknologi Pasti Sudah Pernah Membaca Mashable. Pete Cashmore adalah Pendiri dari Mashable, di Usianya yang Masih 19 Tahun Ketika Itu!Demi menyalurkan hobinya menulis, Pete Cashmore mendirikan Mashable, sebuah blog yang mengulas tentang kabar terbaru di dunia. Kini, Mashable jadi satu dari sekian blog paling menguntungkan di dunia. Ia adalah salah satu dari 10 blog populer versi Technorati. Luar biasanya, ia memulai di usia yang sangat belia, 19 tahun. Apa yang Anda lakukan di usia 19 tahun?

Awalan yang sederhana

Pete Cashmore lahir tahun 1985. Ia telah menulis untuk berbagai platform media dengan berbagai genre seperti Nuts, Loaded, The Guardian, The Times, The Sun, The Daily Mail, The Scotsman, Fabulous, NME, Melody Maker, Ministry, Mixmag, Muzik, Arena, The Face, Hip Hop Connection, Fat Lace, Blues And Soul, Touch, Marie Claire, Grazia, Scarlet, The Lawn Tennis Association dan majalah penerbangan Easyjet. Pada tahun 2005, di usia 19 tahun, ia memulai Mashable di Aberdeen, sebuah kota kecil di ujung utara Skotlandia. Itu pun dari kamar tidurnya.

Pete memang memulai sejak dini. Akan tetapi pengalaman entrepreneurnya sudah dimulainya jauh sebelum itu. Pada usia 16 tahun, ia mulai menjual e-book di eBay. Pada saat itu ia sudah menulis dan menjual artikel secara online, sebagian besar tentang teknologi.

“Saya melihat teknologi sedang mengubah dunia, dan saya ingin tahu segala sesuatu tentangnya,” katanya. “Saya ingin tahu seperti apa masa depan itu akan terlihat.”

Passion ditambah strategi yang terukur

Pekerjaan sehari-hari Pete kini selain menulis adalah melacak perkembangan Mashable. Ia menggunakan berbagai alat web untuk menemukan apa yang ingin dibaca oleh orang-orang. Hasilnya, 3 artikel Mashable akan dibagikan orang lain setiap detiknya. Beberapa di antaranya adalah iklan yang disponsori oleh merek yang bersedia membayar besar. Itulah salah satu alasan yang membuat pendapatan mereka meningkat pesat sebesar 50% di kuartal keempat 2013 silam. Dan strategi inilah yang terbukti sukses mengantarkan Mashable meraih 32 juta pengunjung unik.

Mashable berhasil mengumpulkan 14 juta dolar Amerika dalam ronde investasi pertama mereka. Perusahaan itu, yang sudah lama profit, menggunakan uang yang terkumpul untuk meluaskan kantor mereka ke bangunan seluas 40 ribu kaki persegi. Mereka juga sedang meluaskan jangkauan ke luar negeri untuk menambah area liputan mereka.

“Situs ini mencerminkan Pete, ia penuh inspirasi, terbuka, global, dan menjangkau semuanya,” kata Michael Lazerow, salah satu investor Mashable. “Mereka tahu apa yang akan bergema, dan mereka menggunakan data untuk meningkatkannya.”

Mempengaruhi dunia

Dengan blog yang besar, maka dengan mudah ia menjadi seleb, dan mempengaruhi dunia. Tulisannya kini membawa pengaruh yang lebih besar. Ia diangkat di berbagai media seperti The New York Times, The Washington Post, dan ratusan publikasi teknologi. Pete dipilih sebagai salah satu dari 25 selebriti web paling berpengaruh pada tahun 2007 oleh Forbes, dimana Mashable dipilih sebagai ‘situs yang paling harus dibaca’ dari Fast Company dan PC Magazine. BusinessWeek juga memfitur Mashable sebagai blog paling menguntungkan sedunia.

Nah Sobat Studentpreneur, berawal dari hobi yang ia mulai di usia sangat belia, Pete Cashmore berhasil membuat bisnis yang super menguntungkan. Anda pasti juga bisa! Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar!

SUMBER!

Categories: Technopreneurship | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: