cara kerja mobile printer dan wireless printer

Cara Kerja Mobile Printer dan Wireless Printer

  • Mobile Printer

Mobile Printer / Ponsel pencetakan adalah proses pengiriman data ke printer nirkabel dari smartphone atau tablet.

Ada dua pendekatan utama untuk pencetakan mobile. Satu melibatkan komunikasi langsung antara perangkat mobile dan printer. Pendekatan lain melibatkan komunikasi antara perangkat mobile dan komputer yang terhubung ke printer.

Cara Kerja Mobile Printer

Disini akan ditunjukkan beberapa cara untuk kerja mobile printer mengunakan aplikasi PrinterShare. Sebelum memulai, pastikan printer, smartphone/ tablet dan network dalam keadaan hidup, berfungsi secara normal dan siap digunakan.

PrinterShare merupakan aplikasi populer produksi developer Mobile Dynamix. PrinterShare mempunyai dua mode yaitu Nearby dan Remote. Mode Nearby memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone dengan printer melalui jaringan WiFi. Untuk menggunakan mode Nearby dengan koneksi langsung antara smartphone dan printer, caranya cukup sederhana:

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, bisa didownload di Application Store Android.
  2. Install PrinterShare pada perangkat Android Anda.
  3. Pastikan printer Anda mendukung koneksi WiFi
  4. Buka program PrinterShare yang terinstall
  5. Add printer dengan cara pencet tombol menu kemudian pilih add printer ( jika pakai WiFi pilih nearby printer WiFi dan jika menggunakan bluetooth pilih nearby printer bluetooth)
  6. Kemudian smartphone Android akan melakukan scanning atau pendeteksian perangkat printer, kita pilih printernya
  7. Setelah itu itu pilih merek printernya dan pilih seri printernya. Ponsel Android Anda akan       mendownload drivernya supaya bisa digunakan jika memang diperlukan
  8. Jika instal driver sudah selesai, tandanya kita siap ngeprint dari ponsel Android

Cara mencetaknya :

  1. Buka aplikasi PrinterShare, kemudian pilih jenis file yg mau di cetak, jika nanti kita buka jenis file baru yg blom pernah dibuka, HP nya bakal ngedownload library bwat bikin preview, jadi kita bisa liat contoh hasil print nya
  2. Untuk pengaturan kertas dan margin bisa pilih option di kanan atas
  3. Jika semua pengaturan yang diperlukan sudah selesai, pilih print di kiri atas untuk mulai nge-print
  4. Karena ini dari ponsel, maka transfer data nya sedikit lebih lamban daripada dari PC/laptop, jadi jika terjadi printer terkadang berhenti sebentar sekitar 2 detik artinya hal itu wajar terjadi, menyesuaikan dengan memory dan processor yang digunakan printer tersebut
  5. Cek hasil cetak/print apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila printer Anda tidak mendukung koneksi WiFi, Anda bisa menggunakan mode Nearby menggunakan PrinertShare desktop client yang di-install pada komputer, berikut ini caranya:

  1. Download dan Install PrinterShare pada perangkat Android Anda,
  2. Pastikan komputer dan printer telah terkoneksi, ter-setting dan siap untuk digunakan,
  3. Download dan Install PrinterShare desktop client pada komputer,
  4. Pada PrinterShare desktop client komputer Anda, cari printer yang Anda gunakan pada list Local Printers dan klik Share.
  5. Selanjutnya PrinterShare pada Android Anda akan langsung mendeteksi printer yang di share tersebut.

Apabila Anda tidak memiliki koneksi WiFi, Anda bisa menggunakan mode Remote. Mode ini hampir mirip dengan mode Nearby menggunakan desktop client, hanya saja pada mode ini Anda akan menggunakan jaringan internet sebagai perantara antara Android dan komputer. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Download dan Install PrinterShare pada perangkat Android Anda,
  2. Pastikan komputer dan printer telah terkoneksi, ter-setting dan siap untuk digunakan,
  3. Download dan Install PrinterShare desktop client pada komputer,
  4. Pada PrinterShare desktop client komputer Anda, cari printer yang Anda gunakan pada list Local Printers dan klik Share.
  5. Pada Android Anda, klik Menu -> Remote Printers -> create User ID. User ID bisa Anda temukan pada sudut kiri atas PrinterShare desktop client.
  6. Selanjutnya semua perangkat sudah siap untuk melakukan print. Saat Anda memilih file untuk di-print, desktop client mengeluarkan notifikasi, klik New job -> Print. Langkah notifikasi diperlukan untuk mencegah pengguna lain mengakses printer Anda.

Cara yang sama bisa juga dilakukan dengan perangkat tablet Android. Metode ini secara umum bisa digunakan pada printer laser dan printer inkjet meski belum semua printer. Pada langkah mode Remote, menunjukkan bahwa Anda bisa mengirim file pada desktop client lain di seluruh dunia. Contoh, apabila Anda tidak memiliki printer di rumah, Anda bisa meminta tolong teman Anda yang berada jauh dari rumah Anda untuk print file milik Anda, Anda tinggal kirim file tersebut ke PrinterShare desktop client milik teman Anda.

  • Wireless Printer

Wireless Printer adalah Sebuah printer yang bekerja secara nirkabel dengan komputer yang dilengkapi dengan baik. Printer dan komputer seperti biasanya berkomunikasi melalui sinyal inframerah. Untuk hasil terbaik, perangkat berkomunikasi harus dekat satu sama lain, dan sinyal harus perjalanan sepanjang jalur terhalang.

Sebuah printer nirkabel memiliki beberapa keunggulan dibandingkan printer kabel yang terhubung. Hal ini dapat ditempatkan jauh dari komputer itu bekerja dengan, yang dapat mengurangi kebisingan, atau membuat akses terpusat untuk printer yang dibagi oleh beberapa orang. Sebuah printer nirkabel juga menghilangkan bahaya kabel panjang yang dapat menyebabkan bahaya tersandung. Di sisi lain, jika salah satu sudah tidak memiliki Wireless Local-Area Network (WLAN), perlu diletakkan di tempat. Saat menghubungkan melalui WLAN, jaringan yang diamankan dengan enkripsi yang kuat diperlukan. Karena enkripsi pada WLAN hanya bisa sekuat link terlemah memungkinkan, kecuali printer nirkabel mendukung Wi-Fi Protected Access (WPA) enkripsi WPA2 atau, printer dapat membahayakan keamanan seluruh sistem.

Cara Kerja Printer Wireless

Printer nirkabel semakin populer, karena printer tersebut mudah untuk berbagi dan bisa berada di mana pun Anda inginkan – dalam jangkauan sinyal Wi-Fi, tentu saja.Sebagian besar instalasi printer nirkabel akan berjalan lancar jika Anda dipersenjatai dengan rincian jaringan nirkabel Anda, dan jika Anda mengikuti prosedur instalasi printer dengan penuh perhatian.Jika proses warung, namun, kami memiliki beberapa tips untuk mendapatkan kembali ke jalur yang benar.

Prep Kerja

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang pengaturan jaringan nirkabel, periksa PCWorld superguide wireless-networking.

Dengan asumsi bahwa jaringan anda berjalan, dua potongan informasi yang harus Anda miliki sebelum Anda mulai menginstal printer adalah nama – atau SSID – jaringan Anda, dan password jika jaringan dijamin (karena kebanyakan) .Jika Anda memerlukan bantuan dengan menemukan barang-barang ini, lihat “Melacak SSID dan Password Anda” di bawah ini.

Anda mungkin harus menempatkan printer sementara dekat PC yang sudah bagian dari jaringan Anda, sehingga Anda dapat melampirkan melalui kabel USB untuk instalasi software. Jangka panjang, pilihan penempatan Anda jauh lebih fleksibel, dengan peringatan ini: Tempatkan printer dalam jangkauan router nirkabel atau repeater. Setiap benda logam besar, termasuk elemen bangunan seperti balok dan bahkan layar pintu atau jendela, akan mengganggu sinyal nirkabel. Bahkan terlalu banyak pintu tertutup atau dinding akan menurunkan sinyal. Jika sinyal nirkabel Anda lemah atau intermiten, pindahkan printer sehingga lebih dekat ke router nirkabel Anda dan menghindari penghalang.

Instalasi otomatis (Lebih atau Kurang)

Printer dengan panel kontrol LCD biasanya membiarkan Anda mengkonfigurasi koneksi nirkabel langsung dari mereka.Printer akan mendeteksi jaringan dalam jangkauan, Anda kemudian pilih jaringan Anda dan masukkan password, dan Anda baik untuk pergi. Anda juga dapat memasukkan informasi jaringan selama, instalasi otomatis berbasis CD tradisional.Jika Anda menghubungkan printer ke router melalui ethernet, Anda dapat mengkonfigurasi nirkabel dengan menggunakan browser Web.

Instalasi Manual: Tips untuk Sukses

Biasanya, perangkat lunak instalasi printer Anda akan mengurus alamat IP dan pengaturan firewall.Namun, jika Anda harus menginstal printer secara manual, inilah yang perlu Anda ketahui.

Mengatur alamat IP: Setiap sumber daya jaringan, seperti perangkat penyimpanan atau printer, memiliki alamat IP, sekelompok empat angka satu sampai tiga digit (misalnya, 192.168.1.120).Secara default, router Anda (atau server) umumnya memberikan alamat IP dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).Alamat mungkin tetap sama, tetapi jika jaringan Anda menggunakan DHCP, mereka mungkin dipindahkan bila Anda memasang perangkat baru ke jaringan.Dalam kebanyakan kasus, jika alamat IP perubahan printer Anda, jaringan Anda akan kehilangan jejak printer dan Anda tidak akan dapat mencetak.

Anda memiliki dua cara untuk memastikan bahwa printer Anda (atau perangkat lain) selalu mendapat alamat IP yang sama.Yang pertama adalah untuk menetapkan alamat IP statis melalui panel kontrol printer atau halaman konfigurasi berbasis web.Cobalah untuk menetapkan alamat yang jauh di bawah atau di atas kisaran alamat yang router Anda menggunakan DHCP.Anda mungkin harus membatasi jangkauan.Perhatikan alamat IP statis untuk referensi di masa mendatang, karena Anda tidak akan lagi merasa dalam tabel DHCP.

Beberapa router (dan semua server) membiarkan Anda memesan alamat IP untuk printer berdasarkan alamat MAC (Media Access Code), sejumlah nomor heksadesimal unik untuk setiap perangkat jaringan.Anda dapat menemukan alamat MAC dalam tabel DHCP router, di menu sistem printer, atau pada perangkat itu sendiri, periksa label yang juga mungkin termasuk nomor seri produk dan pengenal lainnya.Keuntungan pendekatan ini adalah bahwa Anda dapat melihat alamat IP dari printer ketika Anda melihat tabel DHCP.

Menyesuaikan pengaturan keamanan firewall Anda: Jika keamanan firewall diatur terlalu tinggi, hal itu dapat mencegah printer Anda dari berbicara dengan router atau PC.Menonaktifkan firewall untuk melihat apakah itu masalahnya.Jika ya, cobalah menyesuaikan pengaturan keamanan ke tingkat yang lebih rendah.

Memeriksa protokol keamanan nirkabel: Protokol keamanan router Anda bisa menjadi kuno WEP (Wireless Ethernet Protocol), yang baru WPA (Wi-Fi Protected Access), atau salah satu dari beberapa rasa lain dan versi.Jika rutin instalasi printer meminta untuk jenis keamanan nirkabel, Anda akan perlu untuk mencarinya di halaman konfigurasi router Anda atau dalam dokumentasi router Anda.

Instalasi Tanpa CD

Anda dapat menambahkan printer ke sistem operasi menggunakan OS sendiri rutin add-printer.Bagi Anda untuk melakukan hal ini, printer harus hadir pada jaringan – yaitu, Anda harus telah dikonfigurasi dengan benar pengaturan nirkabel pada printer atau melalui antarmuka konfigurasi Web-nya.

Jika printer berada pada jaringan yang benar, maka software penemuan sistem operasi Anda (pada Mac, pergi ke System Preferences, Print & Fax, Dalam Windows 7, pergi ke Mulai, Devices dan Printers, Atau Control Panel, Hardware and Sound, Devices dan Printers) Harus menemukannya, dan dalam banyak kasus menginstal driver untuk Anda.Jika OS gagal untuk melakukannya, Anda harus men-download driver dari vendor Website.Dalam versi terbaru dari Mac OS X dan Windows 7, prosedur otomatis yang handal, dalam beberapa kasus pada sistem operasi yang lebih tua, itu tidak.

Jika OS tidak menemukan printer dalam pencarian, metode fallback adalah menambahkan printer sebagai printer lokal (biasanya USB) dan kemudian menetapkan port TCP / IP standar – khususnya, port alamat IP.Anda harus tahu alamat IP atau nama perangkat printer untuk metode ini untuk bekerja.Dalam OS X, Anda dapat menambahkan printer sebagai Printer IP.Anda harus men-download semua driver yang diperlukan secara manual.

Melacak SSID dan Password

Cara termudah untuk menemukan nama jaringan dan password adalah melalui laptop sedang tersambung atau perangkat mobile.Pada Windows 7, kiri-klik ikon nirkabel koneksi di system tray.Dengan asumsi Anda tidak sengaja mencuri bandwidth tetangga Anda, nama sambungan saat ini harus nama jaringan.Klik kanan melalui sambungan aktif, pilih Properti, Pilih Keamanan tab, cek Tampilkan karakter, Dan Anda akan melihat password Anda.Pada Mac, arahkan ke Pergi, Utilities, Keychain Access.Di bawah Sandi, pilih nama jaringan dan memilih untuk menampilkan password.

Anda juga dapat mencari nama jaringan dan password di halaman konfigurasi Web router nirkabel. Buka browser dan ketik alamat IP dari router nirkabel Anda ke kolom alamat browser.Anda dapat menemukan alamat IP default di manual, tetapi beberapa yang lebih umum adalah 192.168.1.254 (ATT 2Wire) dan 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 (Linksys, Netgear, D-Link, dan sejenisnya).

Perhatikan bahwa router memiliki nama pengguna dan password, juga.Jika Anda tidak pernah mengubah nama pengguna router Anda dan password, periksa dokumentasi untuk pengaturan default. Sayangnya, dalam beberapa kasus password nirkabel tidak ditampilkan.Jika Anda benar-benar tidak dapat mengingatnya dan tidak ada orang lain yang tahu itu, Anda harus mengubahnya dan memiliki semua orang di jaringan berhubungan kembali dengan password baru. Kasus terburuk, jika protokol keamanan router memaksa Anda untuk memasukkan password lama untuk mengubah ke yang baru, Anda harus me-reset router ke default-nya.Anda kemudian bisa mendefinisikan ulang SSID jaringan dan password.

Ketahui Jaringan Anda, dan Instalasi Akan Ikuti

Sebagian besar snags yang muncul ketika menginstal printer nirkabel harus dilakukan dengan jaringan nirkabel daripada printer itu sendiri.Mengumpulkan statistik vital jaringan Anda dari waktu ke depan untuk menghindari terjebak.Kemudian menikmati mengirim pekerjaan cetak dari dapur Anda untuk den – itu cukup keren.

Categories: Printer | Tags: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: