Cara Membuat Bunga Mawar Nan Cantik dari Kertas

Siapa sangka, membuat bunga mawar yang cantik dan elok seperti gambar berikut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahannya pun sangat sederhana dan mudah didapat. Pada contoh kerajinan tangan bunga dari kertas ini (paper craft) kita dapat menggunakan kertas bekas sampul. Tidak banyak kertas yang dibutuhkan, hanya potongan-potongan kertas berukuran lebih kurang 2 cm x 20 cm. Jika anda ingin membuat bunga mawar yang lebih besar ukurannya, anda hanya perlu menambah lebar dan panjang kertas sedikit. Misalnya 3 cm x 29 cm. Kertas bufallo warna merah bekas sampul makalah atau paper dapat berguna dengan baik untuk membuat kerajinan yang satu ini. Oh, tentu kertas apapun boleh digunakan, juga warnanya. Sesuai selera. Pingin membuatnya juga sendiri? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

langkah-langkah cara membuat bunga mawar dari kertas
bunga mawar dari kertas bekas

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas dengan Teknik Melipat Pita

Bunga mawar merah dari kertas bekas ini kita buat dengan menggunakan teknik seperti melipat pita untuk membuat bentuk bunga mawar. Teknik ini biasa digunakan untuk memberi hiasan dari bahan pita kain untuk baju anak, atau bungkusan kado. Caranya sebenarnya akan lebih mudah, karena pada prinsipnya kertas lebih mudah ditangani daripada pita yang terbuat dari kain. Itulah sebabnya, dalam hitungan beberapa menit saja kita akan dapat membuat banyak bunga mawar.

Alat dan Bahan

Untuk membuat kuntum-kuntum bunga mawar berbahan dasar kertas sampul bekas ini, alat dan bahan-bahan yang kita butuhkan adalah:

  • potongan kertas warna merah ukuran sekitar 2 cm x 20 cm (warna dan jenis kertas bebas), tetapi di sini kita menggunakan kertas bekas sampul (kertas bufallo).
  • lem tembak (hot glue), atau lem lainnya yang cukup kuat untuk merekatkan bahan-bahan yang kita pakai
  • kawat, panjang sekitar 15 cm
  • sedotan plastik warna hijau
  • gunting
  • tang

 

Langkah-Langkah Pembuatan Bunga Mawar dari Kertas dengan Teknik Melipat Pita

Ikuti langkah-langkah berikut. Pada mulanya, mungkin kita perlu beberapa kali latihan melipat kertas hingga kita bisa memperoleh lipatan yang bagus untuk diteruskan menjadi kuntum bunga mawar. Jadi, jika lipatan-lipatan pertama kurang bagus, jangan putus asa. Nah, ayo ikuti langkah-langkah cara pembuatan bunga dari kertas ini sambil memperhatikan foto (gambar) yang disediakan.

  • Pertama-tama siapkan beberapa potongan kertas ukuran sekitar 2 cm x 20 cm. Tidak perlu terlalu rapi guntingan atau ukurannya. Gunting saja secara kira-kira.

 

langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 1
potongan-potongan kertas 2 cm x 20 cm
  • Satu helai kertas akan dibuat satu bunga. Makin banyak helaian kertas yang digunting, maka akan semakin banyak bunga yang di dapat. Untuk ukuran kertas F4, kita dapat membuat puluhan bunga.
  • Ambil sepotong kertas, lipat seperti gambar untuk membuat basis bunga mawar kita.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 2
ambil satu, lipat ujungnya
  • Gulung bagian yang terlipat, sambil gulungan itu dipegang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Ketika gulungan hampir sampai ke bagian akhir lipatan, lipat lagi kertas ke arah luar gulungan, lalu pipihkan.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 3
gulung lipatan
  • Gulung kembali kertas sampai tengah-tengan lipatan baru. Kemudian lipat lagi ke arah luar, gulung kembali dengan sambil menekuknya ke arah bawah.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 4
gulung lagi, lalu lipat, gulung lagi
  • Begitu seterusnya sampai lipatan dan gulungan kita mencapai akhir potongan kertas. Jangan khawatir jika gulungan bunga longgar. Jika ingin memadatkannya (terutama bagian tengah bunga), jepit pusat gulungan dengan ibu jari dan telunjuk, lalu putar searah jarum jam. Rapikan bentuk bunga agar sudut-sudut lipatan yang terbentuk oleh gulungan menjadi terlihat natural.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 5
hingga sampai akhir potongan kertas
  • Pegang bunga dengan baik dan erat, lalu balikkan. Lihatlah, bagian bawah bunga mawar kertas akan terlihat seperti gambar. Berikan lem pada bagian pusat (tengah) bawah bunga ini agar lipatan tidak terbuka. Biarkan lem mengeras dan merekatkan gulungan dengan baik.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 6
lem bagian bawahnya
  • Berikutnya, siapkan sepotong kawat tipis dengan panjang sekitar 15 cm, atau menyesuaikan panjang sedotan plastik. Untuk sedotan plastik, gunakan warna hijau karena ia akan difungsikan sebagai pembungkus kawat dan membentuk batang bunga mawar kita nantinya.
  • Buat bulatan atau lengkungan sekira-kira muat ketika dimasukkan ke dalam sedotan plastik. Gunakan tang jika diperlukan.
  • Sementara itu, untuk sedotan plastik, belah salah satu ujungnya menjadi 4 atau 5 bagian. Dalamnya belahan dapat kita sesuaikan, misalnya pada gambar di sini kita membelahnya sedalam lebih kurang 2 cm. Kemudian, runcingkan dengan menggunting  ujung-ujung belahan tadi. Bagian ini akan difungsikan sebagai kelopak bunga mawar kertas kita.

 

langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 7
siapkan kawat dan sedotan
  • Kemudian, selipkan kawat ke dalam batang sedotan. Kawat akan berfungsi sebagai penguat batang sekaligus memungkinkan kita nantinya membengkok-bengkokkan batang saat akan merangkai bunga di dalam vas.
  • Perhatikan, ujung yang membulat pada kawat diletakkan pada ujung sedotan yang tadi telah dibelah.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 8
selipkan kawat dalam sedotan
  • Dengan menggunakan lem tembak (atau lem lainnya), rekatkan sedotan dan kawat ke bagian dasar bawah bunga. Caranya balikkan bunga lalu tempelkan batang sedotan beserta kawat ke lem. Tahan hingga lem cukup keras dan kuat melekatkan ketiganya satu sama lain. Perhatikan juga agar semua irisan ujung sedotan terbuka karena akan dibentuk menjadi kelopak yang berwarna hijau.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 9
tempelkan sedotan dan kawat ke bagian bawah bunga
  • Langkah berikutnya adalah memilin kawat bersama-sama (sekaligus) sedotan plastik pembungkusnya. Caranya seperti memilin tali. Ini akan membuat ramping tangkai bunga mawar kertas kita. Pilin dari ujung ke ujung lainnya dengan menyisakan sedikit pilinan longgar pada dasar bunga, agar di bagian ini terlihat ukurannya lebih besar dari bagian batang di bawahnya.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 10
pelintir kawat dan sedotan
  • Terakhir, lengkungkan kelopak dari sedotan plastik ke arah bawah dengan menggerusnya dengan menggunakan ujung gunting. Lengkungan ke arah bawah akan membuat kelopak berwarna hijau ini menambah kelihatan natural bunga mawar dari kertas kita. Oh ya, jika bekas potongan kertas membentuk garis putih pada mahkota mawar dan mengganggu penampilan bunga mawar merah kita, gunakan spidol atau boardmarker warna merah untuk memolesnya.
langkah cara membuat bunga mawar dari kertas 11
lekukkan ujung belahan sedotan ke arah bawah membentuk kelopak

Nah, selesai sudah langkah-langkah cara membuat bunga mawar dari kertas bekas dengan teknik melipat pita. Mudah saja bukan? Yuk ambil bahan-bahan pembuatannya, dan segera lakukan. Buat bunga-bunga mawar nan elok ya.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Wassalam.

Categories: Kreatifitas | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Cara Membuat Bunga Mawar Nan Cantik dari Kertas

  1. SusanNia

    Susah buatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: