Apa itu PKM ? Mengetahui lebih jauh PKM

Dilihat dari judul buat tulisan ini, agan barangkali udah punya pandangan kira-kira mau dibawa ke mana tulisan kita ini. Sedikit serius nih… PKM itu kependekan dari Program Kreativitas Mahasiswa. PKM ini merupakan program tahunan rutin dari DIKTI (Direktorat Perguruan Tinggi) yang diadakan khusus untuk mahasiswa PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Setahu ane, Perguruan tinggi yang masuk kategori pendidikan tinggi islam (Kayak UIN, IAIN) tidak termasuk di dalamnnya. Karena UIN atau pun IAIN tidak berada di bawah naungan DIKTI secara langsung. corret me if i wrong…. 

Khusus untuk perguruan tinggi swasta (PTS), alur keikutsertaan PKM yang harus dilalui berbeda dengan jalur dengan PTN. Ane lupa alurnya bagaimana, yang jelas mahasiswa dari PTS ada tahapan-tahapan tersendiri. CMIIW lagi…🙂

 

PKM ini terdiri dari enam kategori lomba, yang sebelum pendanaan untuk tahun 2012 masih berjumlah lima kategori. Untuk ketegori yang perlu direalisasikan, ada lima ketegori, yaitu:

 

1. Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K)

Bagi agan-agan yang punya ide wirausaha menarik dan memang jago berwirausaha, di sini tempatnya. PKM-K ini berorintasi kepada produk unik yang dihasilkan dan juga dipasarkan. Poin penilaian penting dari PKM-K ini adalah profit dari penjualan produk yang dihasilkan dan publikasi produk.

 

2.  Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M)

PKM-M ini harus berisi program yang dapat berguna bagi masyarakat. Dalam PKM-M ini, tidak terlalu mementingkan keunikan program, akan tetapi sejauh mana program tersebut dapat berguna di daerah masyarakat sasaran (ada kerjasama dengan masyarakat sekitar). Ringkasnya, walaupun program yang ditawarkan ini telah dilakukan di daerah lain, masih dapat dilakukan di daerah yang baru sepanjang program tersebut sangat dibutuhkan di daerah baru tersebut. Poin penting dari penilaian PKM-M ini adalah keberlanjutan program, bagaimana program yang dirintis tersebut tetap berjalan walaupun para mahasiswa yang membuat programnya tersebut tidak lagi mendampingi program tersebut.

 

3. Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKM-P)

Cocok buat agan yang hobi meneliti. PKM-P ini diarahkan untuk membuat suatu penemuan yang akan berguna buat masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari PKM penelitian ini adalah lebih ke arah potensi hak cipta dan hak paten. Bentuk penelitian bisa memakai metode kualitatif maupun kuantitatif. Sejauh yang ane tahu, judul-judul penelitian yang lolos pendanaan banyaknya dilakukan di laboratorium sains. Buat agan yang tertantang buat melakukan penelitian di lapangan… berani jawab tantangan???

 

4. Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Teknologi (PKM-T)

PKM-T ini lebih ke arah membuat sebuah teknologi yang berguna dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Konsepnya ngak jauh beda ama PKM-M (ada kerja sama), cuma PKM yang satu ini hasilnya harus berupa teknologi dan harus unik (tidak boleh sama). Arahan utamanya lebih ke arah hak cipta dan hak paten. Bagi yang suka ngulik-ngulik dan buat-buat teknologi, atau soft ware, bidang PKM-P ini sesuai dengan jiwa agan…🙂

 

5. Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karya Cipta (PKM-KC)

PKM-KC ini tergolong baru, karena baru dibuka buat pendanaan taun 2012 ini. Bedanya dengan PKM-T, PKM ini tidak memerlukan kerja sama dengan pihak masyarakat. Jadi buat penilaiannya salah satunya menggunakan prototype karya. Hasil yang diharapkan tidak jauh-jauh beda dengan PKM-T. Sekadar nambah info, meski baru PKM-KC ini peminatnya lumayan mbludak, alasannya mahasiswa pada males buat bikin kerjasama sama masyarakat sih… hehehe… (just joke).

Biasanya untuk lima cabang PKM yang perlu direalisasikan, pengumpulan proposalnya sekitar bulan-bulan September-Oktober kayak gitu… Jadi siap-siap aja kalau yang berminat bikin, segera cari ide segar dari sekarang. Jumlah dana maksimum hibah pendanaan buat lima cabang PKM ini terakhir kali masih mencapai 10 juta rupiah (mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya nambah… hehehehe… )

Trus cabang PKM yang terakhir adalah bidang karya tulis. Terbagi menjadi dua yaitu PKM-GT sama PKM-AI.

PKM-GT (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Gagasan Tertulis)

PKM-GT ini proposalnya sebatas ide ‘gokil’ yang bisa direalisasikan sekitar 1-5 tahun. Walaupun sebatas ide, tetapi harus didukung dengan data-data yang relevan dan sumber-sumber terpercaya (namanya juga karya tulis ilmiah… :)) PKM-GT ini tidak perlu realisasi seperti lima PKM di atas. Buat reward-nya, biasanya sekitar 3 jutaan kalau agan-agan menang. Pengumpulan proposalnya biasanya dilakukan sekitar bulan Februari-Maret.

PKM-AI (Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Artikel Ilmiah)

PKM-AI ini biasanya merupakan tulisan hasil dari penelitian, atau KKN (Kuliah Kerja Nyata). Lebih diarahkan kepada penulisan berdasarkan hasil penelitian tadi yang disertai dengan sumber-sumber terpercaya. dari PKM-AI ini diarahkan kepada publikasi ilmiah bisa berupa jurnal, dan juga hak paten (kalo misalkan hasil dari penelitian). Pengumpulannya sama kayak PKM-GT, yaitu sekitar bulan Februari-Maret.

Itu sekilas tentang PKM. Ane membuat tulisan ini merujuk dari pepatah yang mengatakan, tak kenal maka ta’aruf  & Tak kenal maka tak sayang gan… hehehhe. Ta’aruf artinya kenalan. Makanya biar agan tahu apa itu PKM, ayok cari tahu dulu sebanyak-banyaknya. Kalau sudah lumayan tahu, maka ke depannya akan tumbuh rasa sayang sama ‘si yayang’ PKM… *.*😀. Dijamin agan nggak bakalan nyesel ikutan PKM, soalnya ane dah ngalamin sendiri, tinggal agan dah cobain… hehehhe.

Buat lebih lengkapnya tentang PKM, agan bisa bertandang langsung ke Websitenya DIKTI (klik di sini) atau kalau agan pengen tahu secara lebih terperinci mengenai cabang-cabangnya PKM, ane kasih panduannya yang tahun 2011 aja, langsung download (klik di sini)

Categories: Tugas Kuliah | Tags: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: