Trik Menyimpan Sepatu Agar Tak Mudah Rusak, Bau dan Ditumbuhi Jamur

Sepatu adalah salah satu bagian dari sandang, yang merupakan kebutuhan pokok seorang manusia.

Trik Menyimpan Sepatu Agar Tak Mudah Rusak, Bau dan Ditumbuhi Jamur

Tentunya, Anda sering pula menggunakannya, bukan?  Tak heran, sepatu memiliki space tersendiri di dalam rumah dengan perangkat tempat penyimpanannya.

Seharusnya, area simpan sepatu terorganisir dan tidak menyulitkan ketika dicari, juga tidak membuat sepatu menjadi mudah rusak, bau, dan terus ditumbuhi jamur yang berbahaya bagi kesehatan.

Terdapat beberapa siasat yang bisa Anda lakukan, untuk menyimpan koleksi sepatu anda, lho!

Untuk sepatu yang sering dipakai, simpan pada rak sepatu yang terbuka. Biasanya sepatu yang sering digunakan rawan lembap akibat keringat dan kotoran. Dengan menyimpannya di rak terbuka, pergantian udara lebih maksimal sehingga mengurangi kelembapan. Jika rak sepatu Anda tertutup, angin-anginkan dahulu sepatu yang habis dipakai sebelum disimpan.

Untuk sepatu yang jarang dipakai, simpanlah di kotak sepatu. Jangan lupa menaruh silica gel atau kamper di dalam kotak sepatu agar kelembapannya terjaga serta bebas jamur.Agar lebih mudah memilih sepatu yang akan dipakai, gunakan kotak sepatu plastik transparan atau dengan menempel foto sepatu di boks. Pastikan sepatu kering dan bersih sebelum masuk ke dalam boks. Sepatu yang tidak kering dapat menyebabkan kulit sepatu terkelupas dan retak-retak.

Sepatu yang telah dipakai dan disimpan dalam waktu yang lama biasanya akan mengalami perubahan bentuk. Perubahan bentuk ini dapat membuat kaki Anda tidak nyaman atau sakit ketika memakainya. Gunakan alat penyangga sepatu atau shoe tree agar dapat mempertahankan bentuk sepatu. Shoe tree yang terbuat dari kayu dapat sekaligus menyerap kelembapan sepatu. Jika tidak memiliki shoe tree, anda bisa menggantinya dengan gumpalan koran atau kertas.

Jadi, jangan Anda biarkan sepatu Anda tak berada di “rumah nyaman” miliknya, ya!

Categories: Peralatan | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: