TIPS CANTIK [10 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tetap Segar]

Hai Ladies, buat Anda para ibu di rumah yang memiliki kebiasaan berbelanja dalam sekali waktu, seringkali Anda mengandalkan kulkas untuk menyimpan berbagai bahan makanan untuk persediaan. Ini merupakan salah satu strategi berhemat bagi Anda untuk mengurangi pengeluaran atau ongkos bolak-balik ke pasar atau swalayan. Andapun akan mendapatkan harga yang lebih murah saat berbelanja lebih banyak dalam sekali waktu. Namun, sayangnya ternyata tetap saja beberapa bahan makanan seperti buah atau sayuran tidak bisa bertahan lama. Mengapa?

Banyak dari kita yang belum mengetahui cara agar bahan makanan yang di simpan dalam kulkas lebih awet. Sebenarnya, ada beberapa cara yang sangat sederhana namun seringkali kita lupakan. Banyak bahan makanan yang harus terbuang karena Anda dapati tidak segar lagi karena terlalu lama di dalam kulkas dan tak sempat Anda olah.

Nah, kali ini Izwie akan berikan beberapa 10 Tips Menyumpan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar. Yuk simak selengkapnya!

1. Rajinlah Membersihkan Kulkas

10 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar

Anda harus memeriksa kulkas Anda secara berkala. Jangan tunggu sampai kotor parah! Ada baiknya Anda mulai rajin membersihkan kulkas sebelum banyak kotoran agar terjaga kebersihannya. Jangan sampai bahan makanan yang masih segar tercampur dengan bahan makanan yang telah membusuk karena terlalu lama berada dalam kulkas.

Jika Anda menemukan bahan makanan yang telah membusuk, segera buang agar makanan lain tidak terkontaminasi. Pastikan tidak ada cairan menggenang dalam kulkas agar bahan makanan seperti buah dan sayur tidak cepat membusuk.

2. Gunakan Daun Salam

Gunakan Daun Salam

Daun salam memiliki khasiat untuk menjauhkan beras dari kutu. Caranya, masukkan daun salam dalam wadah beras. Daun salam mampu menjaga serangga menjauh dari bahan makanan Anda. Anda cukup menggantinya tiga bulan sekali.

3. Gunakan Kentang

Gunakan Kentang

Kentang berfungsi untuk menyerap bau busuk dari bahan makanan atau makanan olahan yang dimasukkan ke kulkas. Caranya, letakkan belahan kentang di beberapa titik di dalam kulkas Anda secara acak. Gantilah belahan kentang sebanyak tiga hari sekali dengan kentang yang segar.

4. Cara Menyimpan Telur

Cara Menyimpan Telur

Berikutnya adalah cara menyimpan telur di dalam kulkas. Simpan telur dengan ujung yang kecil berada di bawah. Cara menyimpan tersebut akan memastikan bahwa kantung udara yang berada di atas tidak tertekan oleh berat telur, sehingga telur sehingga tak pecah. Karena, pecahnya kantung udara pada telut akan mempercepat proses pembusukan pada telur.

5. Pisahkan Mentimun dengan Tomat

Pisahkan Mentimun dengan Tomat

Anda perlu memisahkan tomat dan mentimun ketika menyimpannya secara bersama-sama di dalam kulkas. Karena, tomat mengeluarkan gas yang dapat membuat mentimun lebih cepat membusuk. Sebaiknya, gunakan kertas atau koran sebagai alas, agar tomat dan mentimun selalu kering sehingga lebih awet di dalam kulkas.

6. Pisahkan Apel Dengan Buah Lainnya

Pisahkan Apel Dengan Buah Lainnya

Simpanlah apel secara terpisah dengan buah-buahan matang lainnya. Sama halnya dengan tomat, apel mengeluarkan gas tertentu yang dapat menyebabkan buah-buahan dan sayuran lebih cepat membusuk. Sebaliknya, simpan buah apel dengan buah yang terlalu matang berdekatan agar buah yang belum terlalu matang atau mengkal bisa cepat matang.

7. Menyimpan Roti

Menyimpan Roti

Gunakan irisan kecil apel atau kentang mentah di dalam wadah tempat Anda menyimpan roti. Hal ini bertujuan agar roti lebih tahan lama dan segar.

8. Bungkus Aneka Daging dan Ikan

Bungkus Aneka Daging dan Ikan

Cara agar daging segar, ikan dan unggas tetap awet adalah dengan cara tetap membungkusnya. Karena, melepas pembungkus dapat meningkatkan risiko terpapar bakteri. Pakailah piring sebagai alas, jika daging tak ada pembungkusnya saat membeli.

9. Cara menyimpan Produk Susu dan Olahannya

Cara menyimpan Produk Susu dan Olahannya

Untuk menyimpan susu, alangkah baiknya menggunakan botol plastik sebagai pembungkus daripada kardus karton. Mengapa? Karena bakteri lebih mudah tumbuh di kardus karton dari pada gelas plastik.
Sedangkan untuk produk olahan susu seperti keju, yoghurt, krim asam, dan krim, biarkan tetap berada dalam kemasannya. Jika telah digunakan, jangan kembalikan ke wadah aslinya! Tapi, letakkan di mangkuk atau piring dengan bungkus plastik. Khusus untuk keju, bungkus menggunakan alumunium foil jika telah dikonsumsi.

10. Pisahkan Buah dan Sayuran

Pisahkan Buah dan Sayuran

Sebaiknya Anda mulai memperhatikan bagaimana cara menata buah dan sayuran di toko buah atau swalayan. Buah dan sayuran dipisahkan. Buah dan sayuran mengeluarkan berbagai gas yang berbeda-beda. Misalnya, apel dicampur dengan apel. Sedangkan wortel dengan wortel. Jangan mencuci buah sebelum dimasukkan ke dalam kulkas karena dapat menyebabkan kelembapannya rusak sehingga cepat membusuk.

Nah, itu tadi 10 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar. Simpan semua sisa makanan di kedap udara dan tahan boocor. Tempatkan makanan sisa dalam wadah horizontal sehingga bisa dingin lebih cepat. Jika makanan habis dimasak, dinginkan sisa makanan dalam waktu dua jam dari memasak. Terakhir, jangan isi kulkas terlalu penuh. Untuk menjaga makanan tetap segar dan berada di suhu yang aman, kulkas butuh ruang untuk peredaran udara. Cukup mudah bukan?

Categories: Sayuran | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: