Penyebab Anyang-anyangan, cara menyembuhkannya dan obat apotik

imagesPernahkah Anda mengalami sakit dan terasa terbakar ketika buang air kecil? Bisa jadi itu adalah gejala anyang anyangan. Anyang anyangan merupakan penyakit yang dapat dibilang cukup menyebalkan. Pasalnya ketika kita buang air kecil, air yang keluar hanya sedikit dan rasanya sangat panas. Maka dari itu kali ini komunitastkj.wordpress.com akan mengulas beberapa cara mengatasi anyang anyangan.

Anyang anyangan sendiri merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan infeksi saluran kemih. Penyakit ini bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu lelaki perempuan ataupun tua dan muda.

Ciri-cirinya juga sangat mudah diketahui karena efeknya begitu terasa. Berikut adalah beberapa gejala dari anyang anyangan ketika sedang buang air kecil :

index
  • Urine yang keluar hanya sedikit dan warnanya lebih pekat
  • Kemaluan terasa panas dan terbakar
  • Rasa sakit di bagian perut bawah
  • Keinginan untuk kencing kembali namun tidak ada urine yang keluar

Penyakit anyang anyangan ini biasanya bisa sembuh sendiri dengan banyak meminum air putih. Namun dalam beberapa kasus, anyang anyangan ini bisa sampai menimbulkan deman. Jika terus dibiarkan maka bisa menimbulkan infeksi saluran kemih yang lebih parah.

Penyebab Anyang Anyangan

Timbulnya berbagai gejala anyang anyangan di atas tentu saja bukan tanpa sebab. Beberapa faktor dapat memicu timbulnya penyakit anyang-anyangan tersebut. Salah satu penyebab yang paling sering menimbulkannya adalah

Bakteri yang menginfeksi saluran kemih.

Kurangnya kebersihan pada daerah kemaluan dapat mendorong masuknya bakteri E. coli ke dalam saluran kemih. Bakteri tersebut biasanya berasal dari daerah anus atau dubur. Karena pendeknya jarak anus dan kemaluan pada wanita, maka biasanya anyang anyangan pada wanita banyak disebabkan karena bakteri ini.

Rasa perih sehabis berhubungan seksual biasanya terjadi akibat perlukaan yang disebabkan oleh pergesekan yang terjadi saat penetrasi penis ke dalam vagina. Pergesekan tersebut juga dapat menimbulkan lecet sehingga akan terjadi sensasi perih dan dapat keluar darah sedikit.

cara mengatasi anyang anyangan

Selain itu, saluran kencing wanita juga lebih pendek dibandingkan pria sehingga mempercepat masuknya bakteri tersebut. Kurangnya kebersihan pada celana dalam yang digunakan juga bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri tersebut, baik pada pria ataupun wanita.

Selain masalah kebersihan, kurangnya asupan air putih juga dapat menimbulkan anyang-anyangan. Kekurangan air tersebut akan diperparah apabila disertai dengan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga dan lain sebagainya.

Obat Anyang Anyangan Tradisional

Cara mengatasi anyang anyangan dapat dilakukan dengan meminum ramuan obat tradisional. Ramuan ini tentu saja lebih praktis dan hemat jika dibandingkan dengan membeli obat kimia. Berikut adalah beberapa ramuan yang dapat Anda coba:

  • Jeruk Nipis

cara mengatasi anyang anyangan jeruk nipis

Ramuan yang pertama menggunakan bahan jeruk nipis. Caranya, peras air jeruk nipis lalu campurkan dengan segelas air panas. Untuk mengurangi rasa asamnya, Anda bisa menambahkan gula pasir secukupnya. Minumlah ramuan ini setiap kali timbul gejala anyang anyangan.

  • Daun Kumis Kucing

12. Obat Asam Urat Tradisional Daun Kumis Kucing

Jika setelah meminum ramuan jeruk nipis gejala anyang anyangannya masih ada bahkan hingga berhari-hari, maka cobalah ramuan daun kumis kucing ini. Caranya, ambil beberapa helai daun kumis kucing lalu jemur hingga mengering. Setelah mengering, seduhlah daun tersebut seperti ketika Anda menyeduh teh.

Untuk mengurangi rasa pahitnya, Anda dapat mencampurkannya dengan gula jawa. Ingat, selalu gunakan gula jawa agar khasiat dari daun kumis kucingnya tidak hilang. Minumlah ramuan ini setiap pagi dan sore hari hingga anyang anyangan Anda sembuh.

Cara Mengobati Anyang Anyangan Lainnya

Selain dengan meminum dua jenis ramuan di atas, terdapat cara-cara lain yang dapat Anda coba untuk mengatasi anyang anyangan. Berbagai cara ini sudah dikenal secara turun temurun sehingga dipercaya keampuhannya. Berikut adalah beberapa caranya:

  • Pijat Refleksi

cara mengatasi anyang anyangan refleksi

Pijat refleksi pada telapak kaki dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk anyang anyangan. Caranya, pijatlah bagian yang diberi tanda hitam pada gambar di atas dengan jari telunjuk atau jari tengah. Anda juga dapat menggunakan alat pijat refleksi yang saat ini banyak dijual di pasaran.

Lakukan pijatan secara berulang-ulang selama beberapa menit hingga anyang anyangan hilang. Tekan dengan agak keras daerah tersebut agar efeknya terasa. Agar tidak sakit saat memijat, Anda juga dapat mengoleskan body lotion atau minyak urut secukupnya.

  • Ikat Jempol Kaki

Cara yang selanjutya agak sedikit lucu namun banyak yang menganggapnya efektif. Caranya, ikatlah jempol kaki Anda dengan karet gelang atau pengikat lainnya selama kurang lebih 10 menit. Entah benar atau tidak, namun tampaknya cara ini ada kaitannya dengan pijat refleksi di atas.

  • Kurangi Rasa Sakit

Rasa sakit yang ditimbulakn oleh anyang anyangan terkadang cukup menyiksa dan mengganggu pekerjaan. Maka dari itu Anda dapat mencoba mengurangi rasa sakitnya dengan mengoleskan balsem atau minyak kayu putih di sekitar pusar dan perut bagian bawah.

Selain itu ketika Anda sedang buang air kecil, iringilah dengan siraman air dari bagian dada hingga paha. Cara ini setidaknya akan mengurangi rasa panas dan terbakar ketika Anda buang air kecil.

 

Obat Anyang Anyangan di Apotik

Banyak orang yang susah mencari obat ini, karena ketidak jelasan penyakitnya. apakah hanya anyang-anyangan atau saluran kemih.🙂

well.. saya sendiri sudah pernah mengalami dan alhamdullilah obat di apotik ini menyelamatkan saya dr si penyakit menyebalkan ini..

Nama obatnya “THIAYCIN 500 (thiamphenicol 500 mg)” obatnya berbentuk kapsul yang saya tanya di apotik 1 tabletnya 40rb, dan saya hanya beli 3 buah saja. itu sekitar 13rb an aja koq. obatnya mujarab bgt bagi saya, soalnya 2x minum obat aja saya uda ngerasa baikan. di minumnya pagi setelah makan, siang setelah makan dan malam setelah makan.

WIN_20150607_001149

obat lainnya yaitu “Nephrolit” yang ini juga ampuh.. uda pernah make juga😀 sama dengan yg diatas. obatnya mantap (y)

dan yang terakhir “Urinter”

Cara Mencegah Anyang Anyangan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ya, sebelum berbagai rasa sakit akibat anyang anyangan tersebut muncul, maka kita lebih baik untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa cara mudah agar Anda tidak mudah terkena anyang anyangan:

  • Jagalah kebersihan di sekitar organ intim dan saluran kemih secara optimal.
  • Untuk wanita, basuhlah organ intim dari arah depan ke belakang.
  • Gunakanlah selalu pembersih organ intim yang memiliki pH seimbang.
  • Rutinlah mengganti celana dalam.
  • Jangan terlalu lama menahan jika ingin buang air kecil.
  • Buanglah air kecil ketika bangun tidur untuk membersihkan berbagai bakteri dalam tubuh.
  • Rutin minum air putih.
124311_mingguke6

Itulah beberapa cara mengatasi anyang anyangan secara tradisional beserta cara pencegahannya. Jika setelah mengikuti cara di atas anyang anyangan Anda masih kambuh, segeralah hubungi dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba dan jaga terus kesehatan Anda semua!

Link sumber disini
Categories: Kesehatan | Tags: , , | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “Penyebab Anyang-anyangan, cara menyembuhkannya dan obat apotik

  1. Lela

    Makasih banget infonya mbak

  2. setiyaningsih

    Mksh infonya saya lg kena ni anyang anyangan…..besok coba beli…..

  3. Ronal

    Thx bangeeettt untuk info nya sob

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: