Apa Saja Yang Diujikan Pada Tes Kesehatan dan Kesamaptaan CPNS Kemenkumham

Banyak yang bertanya, apa saja sih yang dites saat tes kesehatan dan kesamaptaan pada penerimaan CPNS Kemenkumham itu, ya termasuk saya juga.. hehhehe..

Pada dasarnya mirip dengan tes kesehatan & kesamaptaan untuk polisi dan tni. Berikut saya informasikan, apa saja yang diujikan dalam tes tersebut :

Tes Kesehatan dan Kesamaptaan meliputi :
1. Tahap Tes Kesehatan dilakukan dengan memeriksa :

  • Tinggi badan (Pria min: 160 cm, Wanita min: 150 cm) gugur jika tidak memenuhi;
  • Berat badan (standart index mass) gugur jika tidak sesuai standart atau melebihi 20 kg dari indexmass;
  • Tekanan darah (sebagai referensi);
  • Kondisi pengelihatan (tidak buta warna);
  • Kondisi pendengaran (tidak tuli);
  • Kondisi badan secara umum (tidak bertato)

Selain itu Tim dokter juga melakukan pemeriksaan secara umum sebagai catatan untuk hal seperti :

  • Ada bekas operasi;
  • Bekas patah tulang;
  • Cacat fisik;
  • Peserta wanita yang hamil.

Diharuskan membuat surat pernyataan bermaterai sebagai kesediaan mengikuti tes kesamaptaan dengan segala resiko yang timbul dari seleksi ini

2. Tahap Tes kesamaptaan
a. Tes Kesamaptaan untuk Pria :

  • Tes Kesamaptaan “A” meliputi :
    • Lari 12 menit min jarak tempuh 1200 meter
  • Tes Kesamaptaan “B” meliputi :
    • Sit up max 1 menit
    • Push up max 1 menit
    • Shuttle run jarak 10 meter

b. Tes Kesamaptaan untuk Wanita :

  • Tes Kesamaptaan “A” meliputi :
    • Lari 14 menit min jarak tempuh 1200 meter
  • Tes Kesamaptaan “B” meliputi :
    • Sit up max 1 menit
    • Push up max 1 menit
    • Shuttle run jarak 10 meter

c. Perlengkapan Peserta :

  • Pakaian olahraga (celana pendek, baju kaos)
  • Sepatu olahraga
Semoga bermanfaat dan anda lebih siap….. Baca Juga..
Iklan
Categories: CPNS | 138 Komentar

Navigasi pos

138 thoughts on “Apa Saja Yang Diujikan Pada Tes Kesehatan dan Kesamaptaan CPNS Kemenkumham

  1. santi

    kalo janda apa boleh mendaftar kak?

  2. Arif

    Mbak kalau mata saya yang satu normal yg satu min 3 atau 4 gimana mbak….boleh…?

  3. satrio

    Mba untuk kemenkumham kalo gigi behel gimana ya?

  4. Novita

    untuk surat lamaran yang diketik ,dan formatnya ada di https://sscn.bkn.go.id .kok gak ada, di bagian mana ya kak

  5. Dimas

    Gan mai tanya apakah mata ptosis bisa lolo dalam tes kesehatan trims

  6. Anonymous

    Misi mba saya mau tanya apakah kalo minus 5 masih bisa? Dan pas tes kesehatan lebih baik pakai kacamata atau soflens? Makasih

  7. sakti

    Gan mau tanya, saya baru mau daftar. Kira2 apa saja yg harus saya persiapan sebelum tes? Dan untuk tes kesehatan itu meliputi apa saja? Apa gigi berlubang juga berpengaruh? Setahu saya pas liat di youtube ada tes gigi yg diperiksa juga. Terimakasih

    • untuk pemeriksaan gigi memang ada gan.
      tapi saya rasa gigi berlubang tidak menjadi masalah.
      selamat mencoba ya.

      • sakti

        Tp di anjurkan untuk perawatan gigi ya gan?

      • Anonymous

        Misi mba saya mau tanya apakah kalo minus 5 masih bisa? Dan pas tes kesehatan lebih baik pakai kacamata atau soflens? Makasih

  8. rico n.a

    Mekom, mbak mau tanya lo ada bekas operasi gmna mbak ??

    • wallaikumsallam
      maaf mba. bekas operasinya dimana ya?
      apakah sangat mencolok?

      setau saya kalau bekas operasi selama itu tidak mengganggu masi bisa lanjut mba.
      karena kan itu bukan sesuatu yang d buat2 (misal tato)

  9. pedro

    Mba kalo pernah patah tulang sudah d oprasi sudah pulih lg tp ada bekas oprasinya kira kira lolos tahap tes kesehatan ndak?

  10. rey

    Mba kalo mata minus lebih dari 7 bisa nggak mba…

  11. umi

    Mba kalo tes kesehatan kemenkuham Diperiksa duburnya atau eggk?

    • egk mba.
      gk ada tes2 organ intim kaya gitu. haha

      emang sih ada pemeriksaan seluruh badan (telanjang) tp itu hanya utk memastikan apakah ada luka2 berat atau tato.
      dan yg periksa jg sesuai gender mba.
      misal wanita ya pemeriksanya wanita, laki2 jg pemeriksanya laki2.

  12. Dani

    Min, di tes kesehatan apa testinya di periksa dan di raba2? Kalo ada ada varikokel ringan apa bisa lulus?

    • egk mas dani..
      gk ada d raba2 gitu, hanya ada pemeriksaan seluruh badan (telanjang) tp itu hanya utk memastikan apakah ada luka2 berat atau tato.
      dan yg periksa jg sesuai gender.
      misal wanita ya pemeriksanya wanita, laki2 jg pemeriksanya laki2.

      utk varikokel selama tidak mengganggu atau mencolok tdk msalah

  13. ilyas ardiansyah

    kalau saya berjerawat tapi sudah sembuh tinggal ada bekasnya apa itu bisa

  14. ilyas ardiansyah

    kalau berjerawat tapi udah sembuh tinggal berbekas apa bisa

  15. mbak kalau gigi yg udah di cabut trus pake gigi palsu itu masih bisa lolos gak ya ikut tes kemenkumham nya ya?

  16. Hazar

    Min kalau mata minus ? Gak bisa ikut tes menjadi sipir penjara ya ?

  17. teh, ko ga ada tes pull up nya?

  18. Rahma

    Mbak untuk tes kemenkumham ini bagi wanita yang sudah menikah bisa kah??

  19. Andri Sudarman

    Kalo mata minus 1,5 kira” biga gak mba ?

  20. N syarat kriteria gigi itu bagaimana ya ?

  21. Kak gigi graham bagian belakang saya 1 udah di cabut, 1 lagi graham bahian belakang pakai gigi palsu tapi pecah sedit, bagaimana apakah masi termasuk kreteria ? Untuk pln

  22. indra saputra

    mba klo penempatan biasanya sesuai domisi apa dipindah kmna gitu buat sipir trus sistem kerja sam liburnya gmna

    • awalnya sesuai domisili mas, lalu ya d pindah berdasarkan penempatan yg d butuhkan.
      utk sistem kerja seperti pns ya mas

  23. Mbak, itu tes wanita hamil itu apa ya? Adakah tes perawan untuk masuk menkumham? Menkumham apakah sama dengam poltekip dan poltekim? Mohon balasanya

  24. Muhammad Rizal

    Bagaimana dengan kondisi gigi patah di bagian gigi seri? Apakah kualifikasi masuk kedinasan memperhatikan kesempurnaan gigi?

  25. Oktafian Mahardita

    Mba kalau masuk TNI tapi punya lesung pipi terus punya bekas luka di dagu kena silet pencukur itu gimana ya??

  26. Tinggi badan pria berapa kak, udah berubah apa belum

    • belum mas. pria 160 wanita 150

      • Rusli

        Klau ada cacat di lutut bekas opersi tdk patah juma luka sja makanya di operasi klau bgtu ada cacar di lutut bekas operasi bsah ji lolos di tes kesehatan kemenkumham tdk pincang juga cacat bkas oparasi sja sja bsa ji lolos itu tes kesehatannya tolong informasinya

      • selama itu baik2 saja bisa mas..
        bekas operasi itu tdk masalah, selama itu bukan bekas luka yg d buat2 (misal tato)

  27. Simon

    kalau tes kesehatan pt kai di kenakan biaya gk min?

  28. Mbak kalo cpns polri bidang kesehatan ada tes virgin nya gak?

  29. agustina

    mb mau tnya ..klaau tlapak tngan dan kaki berkeringat gugur ga ya ?

  30. reza ayu

    mbakk ada yg baru gk info.nya

  31. redy.andesmar

    gan,kalo misalnya ada cacat bawaan lahir,misalnya mempunyai 6 jari di kaki kanan bisa masuk gak?

  32. pou

    Kalo pke kaca mata gmn mbk, bisa kah?

  33. kalo gigi berlubang bisa lolos tes PT KAI gak?

  34. Mega kartika

    Mbak, kalo di PT KAI ada tes keperawanan gak?
    Dan kalo ada salah satu gigi patah apa bisa bikin gak lolos?
    Makasih sebelumnya

  35. nasyeh

    Kalo bekas luka yang dibuat buat itu lolos ndak?,

  36. naseh

    Mau tanya min.. kalo ada bekas luka yang dibuat buat itu bisa loloa ndak?,

  37. Tyan

    Kalo masalah gigi tak beraturan sama berluban gmana min?

  38. cetau aku sih itu buat tes bea cukai,kalau yang lain ngak sampai tes cacat fisik dan sebagainya,paling juga tes kesehatan lari

  39. yaya

    kalu sudah ada bekas jahitan dan bekas patah tulang masi bisa ngak masuk TNI

  40. min, mau nanya. kalau gigi geraham patah 2 kira-kira peluang utk lolosnya gimana? soalnya saya udah lulus seleksi administrasi dan akan melanjutkan ketahap berikutnya. terima kasih min

  41. teguh santoso

    min mau nanya, kalau gigi geraham patah sampe akarnya peluag utk lolosnya gimana? soalnya saya sudah lulus tahap administrasi dan akan melanjutkan ketahap selanjutnya

  42. audina

    min,kalo dibetisnya ada bayangan varises gimana? lulus atau engga?

  43. simon manurung

    mbak kalau masuk polri butuh biaya berapa dan pushap harus berapa kali dalam satu menit
    tolong di jawab mbak

    • kalau jujur mbak paling ngeluarin 10 juta bersih.. 🙂
      saya sarani sih jujur yaa.. 😀 hehe
      push up seberapa mampunya mbak, saran saya sih 20x dlm 1 menit

  44. tes kesehatanya buka baju yha mbak? n priksa ambean ada gk

  45. EL

    mb kalo yang lulusan SMA
    Khusus yg wanita,, ada formasinya gk taun ini?

  46. Andika

    Apkah untuk tes kesehatan tu kemaluan kita juga dilihat?

  47. Mbak kalo administrasinya harus nyertain sertifikat bela diri ya?

  48. Ada info kapan mulai dibuka pendaftaran untuk 2014?

  49. klo luka bekas operasi gimana tuh… berpengaruh gak sama tes kesehatan cpns??? gak boleh ada bekas operasi yaa????? thanks

    • bekas operasinya dimana ?
      biasanya sih jika luka bekas operasi atau tanda lahir tidak masalah.
      kecuali tato

  50. Kalo jerawat ngaruh gak?

  51. jordan

    bro,kalau ada gigi bungsu yg tumbuh tidak normal,kalau mau tes polri harus dicabut kah?

  52. kevin

    kalau ada panu gmna mbk?

  53. sandy agung b

    kalo ada seperti bekas tindik di telingah tapih mulai dari lahir

  54. berapa kali tes pis up atau pos up minimal untuk lulus seleksi tes fisik kesemaptaan kemenkumham atau sipir?

  55. ricky

    Kl wanita apakah diperiksa oleh dokter atau petugas wanita jg? Sebabnya saya sempat baca kabar, peserta wanita di tes oleh petugas pria. Terima Kasih.

  56. Aris Triantono

    tanya om, saya mau test nih tanggal Oktober ini.
    Yng mau saya tanya, ap benar ya kita lari itu 3 keliling lapangan sepak bola?
    Trus sit up & push up 1 menit itu g dihitung dapt brapa y?
    Mohon di jawab y bro, baru pertama kali soal ny.

  57. komentatorrrr

    kalo tes virgin ada gx?
    kalo polisi dan tni kn ada?

  58. kenakalanremaja

    kalau di PT. KAI ada tes kesehatan tentang tindik gk sih gan ?
    (pria)
    soalnya ane udah 4th lebih gk make tindik, mungkin udah gk berlubang, tp msih ada bekasnya cekung kecil

  59. cacat fisik yg dimaksud apa saja mas?

  60. arieka

    klo cari polwan kan ada tes perawan,,apa ada tes seperti itu???

  61. kamal

    ditelanjangin ya ?

  62. Firman

    Benarkah ada tes anus?

  63. Min mata minus gak di TES ya min ?

  64. prasyuda virgo

    itu larinya kalo menempuh jarak 1200 meter lebih dr batas waktu yg ditentukan gugur gak min?
    maksih sebelumnya atas infonya 🙂

  65. mutaqin

    bukannya kesehatan hanya melampirkan surat keterangan sehat dari dkter aj bung?

  66. Mohammad Imamul Khujjajji

    Ada tes keperjakaan kah ?

  67. Terima kasih atas informasinya Min,
    Semoga bermanfaat bagi Saya.

    🙂

  68. neoveon

    itu tes kesehatan mata cuma itu doang ya ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: