Mitos : Pasien Kanker Hanya Butuh Istirahat

Dokter dan perawat harus “menghancurkan” mitos kalau pasien kanker hanya butuh istirahat untuk sembuh.

Oleh Stephen Adams | The Telegraph 

Macmillan Cancer Support menemukan fakta bahwa hanya seperlima pasien yang melakukan perawatan diberitahu kalau beraktivitas memiliki banyak manfaat.

Sering beraktivitas seperti berjalan cepat atau berkebun bisa menghilangkan setengah risiko kanker usus muncul lagi dan mengurangi sepertiga kemungkinan kanker payudara menyerang kembali, menurut sebuah hasil penelitian.


Beraktivitas juga bisa melukai kecapekan, pengecilan otot dan depresi yang dialami pasien kanker yang selamat — juga membuat mereka lebih gampang bergerak.

Tapi jajak pendapat YouGov untuk Macmillan menunjukkan, 37 persen pasien kanker tidak aktif secara fisik.

Jane Maher, kepala medis untuk badan amal itu, mengatakan: “Sebagai spesialis kanker sangat sulit mendorong orang untuk berpikir tentang fitness selama dan setelah perawatan kanker yang melelahkan.”

“Lebih mudah menyuruh orang beristirahat. Tapi dengan jumlah yang semakin meningkat, banyak pasien membutuhkan bantuan kita untuk menghancurkan mitos bahwa beristirahat adalah hal yang tepat untuk dilakukan, jadi mereka melewatkan “obat ajaib” yakni beraktivitas, yang bisa membuat perbedaan dalam proses penyembuhan.”

Ciaran Devane, kepala badan amal itu, mengatakan: “Penelitian terbaru ini menunjukkan bahwa pesan tersebut masih belum disampaikan kepada para pasien kanker tentang pentingnya menjaga tubuh mereka tetap aktif.”

“Kita tahu orang-orang yang melewati perawatan kanker yang melelahkan cenderung merasa di luar kendali dan masa itu kadang bisa menjadi saat yang menakutkan. Mengetahui sesuatu yang bisa membantu dirimu dan menyembuhkan itu sangat menguatkan dan membantu.”

“Sangat penting bagi para profesional di bidang kesehatan untuk mendorong orang yang hidup dengan kanker untuk tetap aktif secara fisik dan Macmillan akan terus melanjutkan usaha dan dukungan mereka untuk memastikan hal itu terjadi.” (dwi)

Categories: News Dunia | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: