Medan Tatto

What's up the tatto artis in medan !!!

Satu lagi blog buat kamu anak-anak kota medan. kali ini moderator ingin mengexplorasi dunia seni rajah atau dikenal nama lainny yang ni “nembak”.

medan sebagai salah satu kota terbesar di kota medan juga tidak kalah menariknya untuk menelusuri para seniman tato yang terus tumbuh.


penulis sengaja pada saat ini ingin pula mempromosikan salah satu seniman berbakat kita yang sudah lama bergelut di dunia tatto,yakni “Dokter Bim’s Tatto”.

Studionya terletak di jalan jamin ginting komplek pamen no.G4


Semua orang pasti sudah mengenal tatto. Dari dulu hingga kini seni merajang tubuh ini tak akan ada matinya. Malah kian hari motif yang ditawarkan sang tattoo artist semakin menarik.

Tatto yang asal muasal dari bahasa Tahiti, “tatu” yang berarti “untuk menandakan sesuatu” kini mulai banyak diminati insan manusia di seluruh dunia. Dari peralatan hingga ke-sterilan tinta dan jarum kini sudah terjaga, ditambah lagi dengan motif yang beraneka ragam.

Indonesia, orang-orang Mentawai di kepulauan Mentawai, suku Dayak di Kalimantan, dan suku Sumba di NTB, semuanya sudah kenal tato sejak jaman dulu. Bagi suku Mentawai, tato yang dirajah di tubuh tidak sembarangan. Sebelum pembuatan tato, terlebih dahulu diadakan upacara inisiasi yang dilaksanakan di Puturkaf Uma (galeri rumah tradisional). Upacara ini dipimpin oleh Sikerei (dukun). Setelah upacara ini kelar, baru orang tersebut dihadiahi tatto di tubuhnya. Bahkan bagi suku Dayak, siapa saja yang berhasil “merebut kepala”, akan mendapat tatto di tangannya.

Walaupun sempat memiliki tatto mendapatkan image yang buruk di mata masyarakat, mencerminkan kekerasan hingga dunia kemafia-an, tapi kini semua pandangan tersebut telah sirna. Tatto sudah dipandang sebagai sebuah karya seni yang memiliki nilai estetika tersendiri. Sedangkan bagi seorang tattoo artist sendiri, ungkap Bim’s, “Tatto adalah sebuah seni yang sangat indah, sebuah karya lukis yang menyatu dengan tubuh” ungkapnya.

No money no tattoo, good money good tattoo

Kalimat seperti ini kerap tertulis di studio tatto. Artinya kalau anda ingin mendapatkan karya seni yang indah pada tubuh, sediakanlah duit yang lumayan banyak, karena seni tato bukan murahan.


Rawatlah Tatomu!

Banyak pria ketika sudah selesai ditatto tidak merawat lukisan dibagian tubuhnya tersebut, yang pada akhirnya tatto yang tadinya menonjolkan keindahan berubah menjadi sebuah tatto yang remang-remang, warna tidak tegas. Seniman tatto hampir sama perilaku dengan seorang dokter.

Selesai melayani pasien ada sedikit pesan di akhir pertemuan, berupa pantangan yang fatal bila dilanggar. Usai pengerjaan sebuah tatto, Bims tak pernah lupa memberikan tips merawat tatto kepada konsumennya, dan itu semua dipraktekkan langsung kepada konsumennya.

“Habis pembuatan, dibersihkan dengan alkohol dan dibalut selama dua jam memakai plaster plastic khusus tato, dibuka dengan menggunakan air hangat. Selama masa penyembuhan hindari sengatan langsung dari cahaya matahari dan juga berolahraga, apalagi terkena sabun,” ungkapnya.

Dalam waktu sepekan pembuatan tatto berakhir, rasa gatal akan tiba tetapi jangan digaruk untuk memperoleh hasil yang sempurna. “Menghilangkan tato lebih tinggi ­cost-nya dari pada memasangnya, ini semua dilakukan agar mereka yang memasang tatto tidak mengucapkan kata penyesalan dengan tattonya,” Ungkapnya.

Apabila masa-masa tersebut sudah terlewati, perawatan terhadap tatto tersebut tidak lagi rumit, agar tetap terlihat baru dengan warna yang tegas tatoo artis biasanya menganjurkan memakai babyoil paling tidak seminggu sekali agar tatto awet.

Dan akhirnya..

Setiap jaman melahirkan konstruksi tubuhnya sendiri-sendiri. Dulu tatto dianggap jelek, sekarang dianggap sebagai sesuatu yang modis dan trendi. Kalau era ini berakhir, entah tatto akan dianggap sebagai apa. Mungkin status kelas sosial, atau mungkin sekedar perhiasan. Yang pasti ini adalah seni. Semua tergantung dari pandangan individual manusia terhadap seni yang diukir di bagian tubuh. Bila sebuah karya telah melekat di kulit, dan sepasang mata mengangkat karya tersebut mengandung nilai seni, maka itulah tattoo art. (dwi)

Categories: Weww | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Medan Tatto

  1. harga buat tato berapa geng

  2. veronika tarigan

    good i like it

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: