Alasan Beberapa Orang Bisa Mengingat Detail-detail Terkecil

Apakah Anda bisa mengingat apa yang Anda santap pada siang hari tanggal 8 Maret 1999? Bagaimana dengan baju yang Anda pakai pada 29 Oktober 1985?

Sekelompok orang — selama ini hanya ada 33 orang — bisa mengingat sampai sedetail itu, mengingat hampir setiap momen dalam kehidupan mereka setelah usia 10 tahun secara menakjubkan. Para ilmuwan menyebut mereka memiliki ingatan autobiografis yang sangat superior. Dan kini para ilmuwan sudah menemukan apa yang membuat otak orang-orang ini istimewa.

Para peneliti di University of California, Irvine (UCI) meneliti 11 orang yang memiliki kondisi tersebut dan menandai sembilan struktur aneh dalam otak mereka. Perbedaan otak mereka dengan otak ‘normal’ berhubungan dengan memori autobiografis. Mereka yang memiliki sel saraf otak ganglia dasar (white matter) yang lebih sehat menghubungkan bagian tengah dan depan otak dibanding dengan subjek-subjek lain.

Anomali pada otak ini memberikan ilmuwan “cerita yang deskriptif dan koheren akan apa yang terjadi” di dalam otak orang-orang dengan kemampuan mengingat tinggi tersebut, menurut peneliti UCI Aurora LePort dalam sebuah pernyataan.

“Langkah selanjutnya adalah untuk memahami mekanisme di balik memori tersebut,” kata LePort. “Apakah memang otaknya yang memiliki cara komunikasi berbeda? Mungkin ini pengaruh genetik. Mungkin juga dari segi molekul.”

Fenomena yang disebut hyperthymesia ini pertama digambarkan oleh para ilmuwan pada 2006 dan orang-orang ini, termasuk aktris di film “Taxi” Marilu Henner, muncul dalam program liputan “60 Minutes”.

Sejak kondisi itu ditemukan, peneliti UCI sudah meneliti lebih dari 500 orang yang memiliki ingatan autobiografis superior. Kasus yang terkonfirmasi ada 33, termasuk 11 orang yang terlibat dalam penelitian. Meski begitu ada 37 kandidat lain yang harus menjalani tes lanjutan.

Para peneliti mencatat bahwa orang-orang dengan kondisi memori super ini tidak menonjol dari tes ingatan rutin dan memiliki memori super yang berbeda dari orang yang bisa mengingat daftar panjang fakta serta angka.

“Mereka bukan ahli ingatan. Justru 180 derajat berbeda dari para juara pengingat yang bisa menghapal Pi sampai angka terpanjang atau deretan angka banyak. Ini proyek yang menarik, menunjukkan bahwa kita merujuk ke bentuk ingatan yang spesifik.”

Temuan ini dijabarkan secara detail di jurnal Neurobiology of Learning & Memory edisi Juli. (dwi)

Categories: News Dunia | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: