Tour Jelajah, Bukit Kapur Kawah Dolok Tinggi Raja

Bukit Kapur Tinggi Raja ditempuh dengan perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan dari kota Medan dengan kecepatan rata-rata 40-50 km/jam dengan kereta(motor). Jalur yang dilewati beragam, ada jalur mulus, jalur sedikit berbatu, sampai jalur ekstreme yang khusus untuk kendaraan adventure.

Perjalanan yang melelahkan langsung terbayar setelah melihat ciptaan Tuhan yang begitu indahnya. Unik, cantik, keren dan apapun itu membuat saya takjub dengan keindahan alam ini.  tidak bisa menggambarkan bagaimana keindahan Bukit Kapur tinggi Raja itu sendiri.

Dilokasi ini terdapat 2 objek wisata yang bisa didatangi sekaligus, karena jarak antar keduanya yang tidak berjauhan. Disisi atas ada bukit kapur yang seperti salju dengan kawah air panasnya dan disebelah bawah ada aliran sungai dingin tapi masih ada bukit kapurnya yang mengaliri air panas. Dibeberapa titik kita akan mendapati air yang panas dingin, karena tetesan air panas dari bukit yang jatuh ke aliran air sungai. Menurut “si Mbah” sang juru kunci, ternyata lokasi ini dulunya sempat akan dijadikan wisata cagar alam. Tapi Mbah dan warga sekitar tidak mengizinkan karena akan ada pengrusakan hutan dalam proses pengembangan itu.

Yang cukup disayangkan adalah jalur yang sagat ekstreme menuju lokasi ini. Mungkin ini yang membuat orang-orang enggan datang karena tidak mau ambil resiko. Si Mbah sendiri mengatakan bahwa Bupati yang saat ini memimpin disana sudah 3 kali berkunjung dan si Mbah sangat berharap adanya pembangunan dari hasil tinjauan Bapak Bupati itu. Menurut saya, lokasi ini jika didukung dengan infrastruktur jalan yang bagus akan menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi dan otomatis dapat membantu pendapatan warga desa sekitar yang hanya sekitar 70 rumah saja didalamnya termasuk rumah si Mbah.

Semoga ada perhatian dari pemerintah untuk melakukan pengembangan objek wisata yang ada di Sumut ini. Karena sangat banyak potensi alam di Sumut yang masih sangat segar dan belum tersentuh.

Untuk mencapai lokasi kawasan konservasi ini, ada dua alternatif perjalanan darat yang bisa ditempuh, yaitu :
1) Medan – Lubuk Pakam – Tebing Tinggi – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 110 km atau waktu tempuh 3 jam perjalanan.
2) Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 97 km atau waktu tempuh yang hampir sama dengan alternatif di atas.

Categories: Wisata Sumut | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: