Bukit Kapur Kawah Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara

Kali ini KomunitasTKJ akan membahas sebuah objek wisata yang sangat cantik dan adanya di Indonesia, lebih tepatnya di Provinsi Sumatera Utara. Sebenarnya objek wisata ini sudah pernah kubahas sebelumnya di blog yang lama disini tapi ditulisan itu aku lebih banyak membahas pengalaman selama dilokasi itu, tapi kali ini aku ingin membahas mengenai lokasi wisata ini secara spesifik *mudah-mudahan gak salah*.

Objek wisata ini bernama Bukit Kapur Kawah Dolok Tinggi Raja yang berada di Desa Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara sekitar 120 KM dari Kota Medan. Sepanjang perjalanan dari Medan menuju lokasi ini, mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan dan udara yang masih sejuk. Untuk mencapai lokasi ini sebaiknya menggunakan kreta trail (kreta bisa dibaca motor ya, #BahasaMedan) karena semakin mendekati lokasi ini jalurnya semakin ekstrim. Bisa juga sih sebenarnya naik kreta bebek atau matic, tapi harus ekstra hati-hati dan super cemas karena bagian bawah kreta bisa beresiko pecah karena menghantam batu sepanjang jalan.

2011-09-11 11.27.31
ini belum seberapa lho

Sebenarnya menurut cerita si Opung penjaga lokasi ini, tempat ini sudah 3 kali dikunjungi oleh pejabat setempat dan mengatakan akan melakukan perbaikan jalur akses menuju Tinggi Raja ini, walau sampai saat ini belum ada tanda-tanda untuk itu tapi aku tetap yakin kalau jalur ekstrim ini akan berubah menjadi jalur mulus. Amiin, biar bisa kesana lagi tanpa was-was sepanjang jalan. Tempat ini aku referensikan sebagai tempat yang cocok untuk mengisi hari libur seperti tahun baru yang baru saja lewat.

Masih penasaran seperti apa sebenarnya Bukit Kapur Tinggi Raja Ini? Secantik apa sih tempat ini kok aku sampe segitunya. Oke simak baik-baik ya, Tinggi Raja merupakan kawasan wisata alam yang terkenal dengan keasrian alam dan keunikan pemandian air panasnya. Semburan air panas dari perut bumi membentuk kawah kecil di hamparan batu kapur, terus mengalir menuju sungai Bah Balakbak. Lokasi semburan air panas itu berpindah-pindah. Uniknya di aliran Bah Balakbak juga muncul mata air panas. Bukit Kapur Tinggi Raja adalah sebuah bukit kapur yang sangat putih seperti salju dengan genangan air hangat di daratannya dengan ketinggian genangan sekitar satu jengkal. Gak cuma itu aja loh yang ada di tempat ini, di bagian bawah bukit kapur ini terdapat air sungai Bah Balakbak yang sangat sejuk dan dingin dengan pemandangan stalaktit(endapan kapur yang menggantung) dari kapur sekitarnya. Gambarnya lihat di bawah

315918_2101281290129_1188346641_32007573_914579117_n
putih kayak salju
304270_2101284610212_1188346641_32007584_1482106200_n
itu airnya panas
2011-09-11 12.36.58
tolong jangan liat orangnya
IMG00261-20110911-1447
ini dia stalaktit kapurnya
IMG00266-20110911-1449
sungai dengan stalaktit

Kawasan ini telah dilindungi sejak tahun 1924 melalui keputusan bersama raja-raja Simalungun. Luas keseluruhan CA ini adalah 167 Hektar.

Secara rinci kujelaskan keunikan yang khas dari kawasan ini adalah potensi sumber air panas yang berasal dari endapan-endapan kapur yang terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang sehingga membentuk teras-teras tanah kapur berbukit, dengan luas mencapai 35 hektar. Aliran air panas yang menyatu dengan air sungai sering dimanfaatkan untuk mandi-mandi karena airnya terasa hangat-hangat kuku.

Kalau kita berkunjung ke lokasi ini, sebaiknya kita sudah sampai sebelum siang hari karena genangan air panas yang ada di bukit kapur akan menjadi semakin panas karena terkena terik matahari. Dan jangan lupa membawa stok air banyak karena disini kita akan mudah mengalami dehidrasi. Satu hal yang unik sekaligus ada pantangannya disini adalah kita bisa merebus telur di semburan air panas itu, tapi kalau-kalau telur yang kita rebus jumlahnya tiba-tiba berkurang jangan langsung marah karena menurut mitos telur yang hilang itu diambil oleh penunggu bukit untuk sesajennya. Menurut cerita si Opung penjaga lokasi ini, pernah ada pemuda yang tiba-tiba menghilang karena dia salah ngomong. Telur yang direbusnya hilang dan dia bilang kalau penunggu tempat itu adalah pencuri. Akhirnya dia bisa kembali lagi karena si Opung harus melepas seekor kambing sebagai gantinya.

Fenomena alam yang cukup unik akibat adanya panas bumi yang aktif ini, dapat berpindah-pindah tempat. Bukit-bukit hasil endapan kapur yang terlihat sudah tidak aktif lagi, sewaktu-waktu dapat kembali aktif. Hal ini menunjukkan kondisi panas bumi dan bukit-bukti kapur tersebut tidak stabil. Ketidakstabilan inilah yang menjadikan perlindungan kawasan menjadi sangat penting untuk tetap dijaga kelestariannya, demi kestabilan ekosistem hutan dan kawasan sekitarnya.

Namun dibalik semua keunikan dan keindahan itu, berdasarkan berbagai sumber Aset pariwisata ini seolah terabaikan. Kurang nya perhatian pemerintah setempat mengakibatkan Tempat wisata ini tidak terpromosikan dan terkelola dengan baik. Fasilitas yang seharusnya di dibenahi tidak sedikit pun mendapatkan perhatian oleh pihak pihak terkait.

Untuk mencapai lokasi kawasan konservasi ini, ada dua alternatif perjalanan darat yang bisa ditempuh, yaitu :
– Medan – Lubuk Pakam – Tebing Tinggi – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 110 km atau waktu tempuh 3 jam perjalanan.
– Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 97 km atau waktu tempuh yang hampir sama dengan alternatif di atas.

About these ads
Categories: Wisata Sumut | 24 Komentar

Post navigation

24 thoughts on “Bukit Kapur Kawah Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara

  1. subhanallah…kereneeeeeeeeeeeeenn… ternyata indonesia jg punya “seSuatu” yg perlu dibanggakan….subhanallah..subhanallah…subhanallah….
    kpn ya bs ksna tp aq di sulawesi :D

  2. eka syaputra

    kalau dari galang lewat mana lokasi nya aman ngk klau pergi berdua

  3. mantap bah
    lw dr siantar rute nya gmana???

  4. oya ada pondok ga buat istirahat ,ada kantin juga gak,dan ada tempat parkir yang aman gak????”””

  5. niva

    keren jg,,,

  6. kira” dari medan kesana brp jam yah

  7. erni barus sinering

    jadi pengen kesana..

  8. Asli ni tempat bener-bener lukisan yang nyata,,,,
    Dan sekarang sudah banyak perbaikan jalan menuju lokasi
    Udah gak seperti 2 taun yg lalu dah…lumayan lah
    Hayooo…cepetan samperin…ada kawah baru yg lagi aktiv…airnya menggelegak..

  9. kalau pake transportasi publik gmn cara menuju kesana?

  10. keren :)
    salam kenal yah!!!
    follow bach yah :)

  11. Umay Rakal witry

    Kalau naik roda 4 bisa gx…
    Trus ktanya kita harus jln kaki 2 km Y…??

    • sbnarnya susah utk mencapainya jika bwa roda 4, enknya sih bwa motor aja..
      iya nti ada jln2 parah yg hrus turun motor jg..
      tp tidak sjauh itu lah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: